Kepala KPw BI Banten, Rahmat Hernowo memberi sambutan kegiatan peresmian restribusi non tunai bagi penghuni rudunawa di Pasar Cibodas, Kota Tangerang, Rabu (27/2/2019). Foto Istimewa

TANGERANG, SSC – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten meresmikan retribusi non-tunai bagi warga rusunawa di Pasar Cibodas Kota Tangerang, pagi tadi.

Peresmian retribusi non tunai langsung dihadiri Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Rahmat Hernowo, Kepala Divisi Sistem Pembayaran & Pengelolaan Uang Rupiah (SPPUR) Bank Indonesia Provinsi Banten, Erry P. Suryanto. Hadir pula Vice Presiden Kanwil IV BJB, Somi M. Yunus, Sekretariat Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri, Direktur Utama PD Pasar Jaya Kota Tangerang Ibu Titien Mulyati dan jajaran OPD Kota Tangerang.

Kepala KPw BI Banten, Rahmat Hernowo mengatakan, retribusi non tunai yang dilakukan kali ini, salah satu kegiatan bersama antara BI Banten dengan Kota Tangerang guna mengimplementasikan Tangerang Pay menuju Kota Tangerang Go Digital.

“Ini program bersama antara BI Banten dan Kota Tangerang. Dalam hal ini, kami hanya sebagai inisiator dalam menjalankan sistem elektronifikasi,” kata Rahmat, Rabu (27/2/2019).

Rahmat menjelaskan, elektronifikasi retribusi rusunawa ini telah diinisiasi oleh KPw Bank Indonesia sejak 2018 lalu. Programnya ini turut melibatkan dinas terkait dan Bank BJB selaku Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

“Program ini telah bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangerang, Dinas Perkim, Dinas Kominfo, BPKD, PD Pasar dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) yang merupakan RKUD,” jelasnya.

Kata Rahmat, elektronifikasi rusunawa ini sebagai tahap awal dilakukan melalui pembayaran ke rekening Virtual Account (VA) kepada masing-masing penghuni rusunawa. Sementara, untuk pembayarannya, penghuni cukup melakukan transfer ke nomor VA yang terdaftar dan dapat dilakukan dari rekening manapun sehingga memudahkan bagi penghuni untuk melakukan pembayaran.

“Untuk awal ini, Elektronifikasi Jasa Pengelolaan Pasar saat ini melalui pembayaran menggunakan mesin EDC Bank BJB. Setiap pedagang di Pasar Cibodas telah memiliki rekening BJB yang telah diakomodir oleh Bank BJB kepada masing-masing pedagang,” katanya.

Tahap selanjutnya, Pemerintah Kota Tangerang dapat mengakses Elektronifikasi ini melalui Tangerang Pay yang terintegrasi dengan Tangerang Live.

“Semoga dengan adanya elektronifikasi ini semakin memudahkan bagi masyarakat, meningkatkan transparansi dan mengoptimalkan pendapatan Pemerintah Kota Tangerang,” lanjutnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah, mengapresiasi program yang diinisiasi oleh KPW Bi Banten dengan memetakan sistem retribusi Non-Tunai.

“Saya pribadi sangat mengapresiasi gerakan retribusi Non tunai khususnya di wilayah Banten, pungkasnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?