Dinas Kesehatan Cilegon menggelar Rapat Forum Perangkat Daerah Bidang Kesehatan dengan seluruh OPD yang digelar di salah satu rumah makan di Kota Cilegon,  Kamis (14/3/2019). Foto Elfrida Ully/Sealtsunda.com

CILEGON, SSC – Dinas Kesehatan Kota Cilegon meminta ke sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkup Kota Cilegon untuk lebih mensinkronisakan program yang ada dengan program kesehatan yang ada saat ini. Hal ini dilakukan, agar kesehatan masyarakat dapat terjamin secara maksimal sesuai dengan pembangunan kesehatan.

Ini terungkap pada Rapat Forum Perangkat Daerah Bidang Kesehatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon dengan seluruh OPD yang digelar di salah satu rumah makan di Kota Cilegon,  Kamis (14/3/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Cilegon, Arriadna mengatakan, forum perangkat daerah ini bertujuan untuk menyesuaikan program  prioritas pembangunan kesehatan di Cilegon. Oleh karena itu, ia meminta keturutsertaan OPD dalam meningkatkan kondisi kesehatan.

“Maksud dari kegiatan ini dengan seluruh OPD agar dapat terintegrasi dan lebih singkron semua pembangunan yang ada dengan kesehatan di Cilegin. Dengan adanya sinkronisasi ini semoga tercapai Kota yang bersih, aman, sehat dan serta terbebas dari penyakit,” kata Arriadna kepada Selatsunda.com, Kamis (14/3/2019).

Ia menjelaskan, salah satu contoh di DPU-TR, bagaimana, OPD ini harus mampu mensinkronisasikan pembangunan di Cilegon dengan meningkatkan aspek kesehatan.

Selanjutnya, DLH (Dinas Lingkungan Hidup), bagaimana dinas tersebut harus mampu menyelesaikan persoalan sampah, Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) harus memantau segala jenis makanan yang dijual oleh pedagang bebas dari bahan kimia/boraks. Dinas Pertanian menyakit tentang ketahanan pangan serta bagaimana nelayan bisa menjual barang dagangannya selalu sehat.

“Semua OPD punya urusan kesehatan. Untuk itu, kami (Dinkes Cilegon,red) meminta kesinambungan dan singkronisasi dari semua OPD dalam urusanya terhadap dunia kesehatan,” lanjut Nana sapaan akrabnya.

Nana berharap, agar OPD yang berkaitan dengan dunia kesehatan ini dapat bersama-sama untuk menyelenggarakan pembangunan kesehatan di masing-masing OPD tersebut. Dengan adanya kerjasama ini akan memberi banyak perubahan khususnya di dunia kesehatan di Cilegon agar lebih baik dalam berbagai tatanan program di bidang kesehatan sesuai dengan agenda Cilegon Sehat dapat terwujud serta dapat singkron dengan program RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) di Kota Cilegon. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?