Direktur Utama PT ASDP, Ira Puspadewi di wawancara di Pemkot Cilegon (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi menyambangi Kantor Pemerintah Kota Cilegon, Selasa (5/3/2019) siang. Kedatangan orang nomor 1 di ASDP ini bermaksud untuk membahas kembali terkait rencana kerjasama pemanfaatan lahan Pemkot Cilegon di Terminal Terpadu Merak yang lokasinya ada di dekat Dermaga Premium, Pelabuhan Merak.

Ira saat itu didampingi oleh Direktur Pelayanan dan Fasilitas ASDP, Christine Hutabarat. Turut hadir dalam pertemuan tersebut, General Manager ASDP Cabang Merak, Fahmi Alweni beserta jajarannya.

Usai rapat tertutup, Ira menyampaikan, pertemuannya dengan Walikota Cilegon, Edi Ariadi itu sebagaimana menindaklanjuti pertemuan sebelumnya. Pertemuan lanjutan tersebut, kata Ira, dimaksudkan untuk mempersamakan rencana kajian tim appraisal lahan dari masing-masing pihak.

“Jadi sekarang, kita ada nilai (appraisal lahan) memakai profesional, KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik) lah. Dan pak Walikota juga punya tim penilai yang independen juga. Nah Itu next kita mau ketemu bareng kemudian sama-sama pahami asumsi-asumsi di hitungan itu. Terus nanti kita ada kesepakatan,” ujarnya.

Soal berapa estimasi total lahan yang akan dimanfaatkan ASDP, ia belum dapat memastikannya sekalipun telah memutuskan pemanfaatannya akan di kerja samakan dengan pola sewa lahan. Jumlah lahan yang dimanfaatkan, kata dia, nantinya akan bergantung dari hasil kesepakatan appraisal bersama.

“Kita lihat dahulu, kita lihat nilainya yang profesional, terus asumsi-asumsinya yang mendasari apa, kita pahami bersama. Terus kita sepakat misalnya nilai yang pas A, secara independen ini, dua pihak ini bertemu,” urainya.

“Jadi Kita belum tahu, nanti kan harus formulasikan bersama. Kita perlunya (luasan pemanfaatan lahan) gimana, itu belum,” paparnya.

Disinggung rencana kerjasama ini diperkirakan akan merugikan ASDP, Ira tidak berpandangan demikian. Ia mengharapkan seluruh pihak tidak melihat ASDP dari aspek bisnis saja atas rencana kerjasama tersebut. Namun sesungguhnya yang dikedepankan pihaknya pada kaitan pemanfaatan lahan dengan Pengembangan Kawasan Terpadu Pelabuhan Merak di Dermaga Premium, lebih bermaksud untuk menata wajah Cilegon menjadi lebih baik.

“Keterkaitannya kesana (pemanfaatan lahan untuk ekspansi bisnis), iya. Tapi begini, saya sungguh berharap jangan di lihat kepentingan bisnis. Bahwa ini adalah menata wajah cilegon, infrastruktur cilegon menjadi lebih baik secara total. Kita cari jalan hitungan bisnis yang baik bagaimana,” terangnya.

Diketahui, pembahasan pemanfaatan lahan akan dibahas kembali antara ASDP dengan Pemkot. Rencananya, pembahasan teknis akan dilanjutkan pada Senin (11/3/2019), pekan depan. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?