Suasana keluar masuk kendaraan di Pabrik PT Krakatau Steel, Kota Cilegon. (Foto Dokumentasi)

JAKARTA, SSC – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Direktur Teknologi dan Produksi PT Krakatau Steel (Persero), Wisnu Kuncoro (WNU) sebagai tersangka. Selain Wisnu, lembaga anti rasuah ini juga menetapkan tiga tersangka lainnya dalam dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Pabrik baja tersebut. Berikut kronologi OTT dikutip dari detik.com.

Wisnu Kuncoro dan Alexander Muskitta (AMU) dari swasta, diduga selaku pihak penerima. Sementara Kenneth Sutardja (KSU) dan Kurniawan Eddy Tjokro (KET) alias Yudi swasta, diduga sebagai pemberi. Kurniawan Eddy Tjokro masih buron.

“Tim KPK mendapatkan informasi bahwa akan ada penyerahan uang dari AMU ke WNU di sebuah pusat perbelanjaan di Bintaro, Tangerang Selatan. Diduga penyerahan uang tersebut berhubungan dengan pengadaan barang dan jasa di PT KS,” kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di kantor KPK, Kungingan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/3/2019).

Setelah mendapatkan bukti adanya dugaan penyerahan uang, tim KPK langsung bergerak  mengamankan Alexander Muskitta dan Wisnu Kuncoro di Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (22/3/2019). Dari tanggan Wisnu, KPK mengamankan uang sebesar Rp 20 juta dalam sebuah kantung kertas berwarna cokelat.

“Dari AMU, tim mengamankan sebuah buku tabungan atas nama AMU,” ungkapnya.

Tidak hanya AMU dan WNU, tim KPK juga secara pararel mengamankan General Manager Blast Furnice PT Krakatau Steel (Persero) Hernanto dan sopirnya di Wisma Baja, di daerah Kuningan, Jakarta Selatan.

“Setelah itu, tim pergi ke daerah Kelapa Gading untuk mengamankan KSU di rumah pribadinya. KSU diamankan sekitar pukul 23.53 WIB,” tandasnya.

Setelah ity, tim KPK lainnya pergi ke Kota Cilegon dan mengamankan General Manager Central Maintenance dan Facilities PT Krakatau Steel (Persero) Heri Susanto di rumah pribadinya pada pukul 22.30 WIB.

“Setelah itu, semua pihak dibawa ke Gedung Merah Putih KPK untuk proses pemeriksaan dan klarifikasi lebih lanjut,” terangnya. (Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?