KPU Kota Cilegon mulai merakit ribuan kotak suara yang dilakukan di gudang kantor KPU Kota Cilegon,” Selasa (12/2/2018). Elfrida Ully Artha/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon mulai merakit ribuan kotak suara, Selasa (12/2/2019). Peraikitan kotak suara ini dilakukan selama 15 hari kedepan sambil menunggu kedatangan surat suara yang dijadwalkan akan tiba pada 14 Maret mendatang.

Ketua KPU Cilegon Irfan Alfi menjelaskan, pelaksanaan baik Pileg dan Pilpres 2019 di Cilego membutuhkan sebanyak 6.070 kotak suara.  Ribuan kotak suara ini dirakit untuk memenuhi 1.214 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari total kotak suara yang diterima, Cilegon masih kekurangan sekitar 59 kotak suara lagi.

“Kita agendakan 15 hari perakitan kotak suara  rampung diselesaikan. Setelah proses perakitan selesai, selanjutnya di awal April kita akan mulai mendistribusikan ke masing-masing PPK dan PPS di se-Kota Cilegon,” kata Irfan kepada Selatsunda.com di kantornya, Selasa (12/2/2019).

Untuk pengemasan dan packing kotak ini, lanjut Irfan, KPU melibatkan tim PPK dan PPS di masing-masing Kecamatan dan kelurahan. Keterlibatan tim PPK dan PPS ini, untuk memberikan pemahaman kepada tim yang berada di masing-masing TPS.

“Keterlibatan mereka (Tim PPK dan PPS,red) sangat penting untuk proses pengemasan dan packing di surat suara. Karena mereka harus paham dan tahu tentang kebutuhan-kebutuhan TPS di masing-masing wilayahnya,” lanjut Irfan.

Agar kondisi kotak suara tetap aman dari kerusakan, hujan, ancaman tikus hingga kejadian lainnya yang tidak diinginkan, lanjut dia, KPU akan melakukan pengawasan rutin selama 3-4 hari dalam seminggu. Dibawah kotak suara juga didirikan kayu palet.

“Kondisi gudang harus benar-benar dalam posisi baik agar terhindar dari hal-hal yang tidak diiginkan. Tak hanya itu, kita akan melakukan kontroling secara rutin selama 3-4 minggu untuk terhindar dari ancaman tikus bahkan rusak akibat musim hujan,” terangnya.

Soal kualitas kotak suara pasca dirakit, sambungnya, sejauh ini pihaknya tidak menemukan kendala apapun. Kotak suara berbahan karton ini tidak diragukan lagi ketahanannya.

“Kotak ini anti air dan tidak mudah robek. Ini berbahan duplex, bukan kardus. Kalau ada yang bilang kardus, kayanya karena belum pernah melihat barangnya dan lebih percaya informasi tidak jelas di media sosial,” pungkasnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?