Polsek Pulomerak meranggkul pemerintah dan berbagai elemen masyarakat melakukan deklarasi damai di Kantor Polsek Pulomerak, Cilegon, Kamis (14/3/2019). Deklarasi ini dilakukan untuk memerangi berita hoaks. Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Guna memerangi berita hoaks jelang pemilu 2019 ini, Polsek Pulomerak menggelar deklarasi damai bersama unsur Muspika tiga kecamatan yang ada di Kota Cilegon. Deklarasi ini pun juga dimakdudkan untuk menciptakan demokrasi yang aman, sejuk dan damai di wilayah Pulomerak.

Kapolsek Pulomerak, Kompol Supandriana mengatakan, deklarasi damai ini melibatkan berbagai elemen baik lurah, Ketua PPK, Panwas, Tokoh masyarakat, KNPI dan GPM dan elemen lain dari Kecamatan Pulomerak, Grogol dan Purwakarta.

Ia menyatakan, peran elemen pemerintah dan masyarakat ini sangatlah penting untuk memerangi berita hoaks yang menyesatkan. Berita hoaks yang disebar pihak-pihak tidak bertanggung jawab, kata dia, sangat mudah mengadu domba masyarakat khususnya konteks pemilu 2019. Apalagi penyebarannya hoaks sudah merambah ke sarana peribadatan dan pendidikan.

“Banyak tempat-tempat ibadah maupun sarana pendidikan dipergunakan untuk berkampanye oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sesuai aturan gunakanlah tempat ibadah untuk ibadah, sarana pendidikan untuk pendidikan. Jangan sampai dua sarana ini di dompleng sebagai kegiatan politik praktis,” kata Supandriana kepada Selatsunda.com,” Kamis (14/3/2019).

Supandriana menjelaskan, sekalipun Kecamatan Pulomerak, Grogol dan Purwakarta bukan  potensi daerah yang rawan namun keberadaan berita hoaks harus diperangi bersama.

“Semua wilayah rawan. Bukan hanya di Pulomerak aja. Untuk mencegah kerawanan ini, kita meminta dukungan semua pihak khususnya lurah dan Camat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketentraman jelang Pemilu 2019,” ujarnya.

Dalam hal ini, Supandriana mengajak seluruh masyarakat di wilayah Pulomerak, Grogol dam Purwakarta untuk betul-betul lebih teliti terhadap isu hoaks yang merugikan banyak masyarakat.

“Peran semua pihak sangat kita butuhkan untuk memerangi dan menekan berita-berita hoaks yang merugikan semua pihak ini. Tak hanya itu, bagi berita yang belum jelas bisa langsung di cross check kebenarannya jangan langsung di terima secara langsung,” pungkasnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?