Tiga unit mobil yang menjadi barang sitaan kasus narkotika dilelang oleh Kejari Cilegon. Ketiganya kendaraan yang terparkor di halaman Kantor Kejari ini trlah laku oleh pemenang ketika dilelangkan. Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kejaksaan Negeri Cilegon melelang barang sitaan sejumlah perkara pidana yang telah berkekuatan hukum tetap. Hasil lelang diestimasi mencapai sekitar Rp 500 juta.

Kepala Kejari Cilegon, Andi Mirnawaty mengatkaan, Lelang 6 unit kendaraan yang dikerjasamakan dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan ini membuahkan hasil yang memuaskan pihaknya. Tiga diantaranya mobil sport yakni Mitsubishi Pajero dengan plat B 711 DTO dan 2 unit Toyota Fortuner bernomor plat B 1601 KJC dan B 1704 UJF
Ia menyatakan, ketiga barang sitaan itu telah terjual kepada peserta yang telah memenangkan lelang.

“Total itu ada beberapa (kendaraan yang di lelang). Untuk kendaraan roda empat itu ada 3 unit, fortuner 2 unit dan pajero 1 unit. Pajero setelah dilakukan limit oleh instansi terkait, itu limitnya 64 juta. Lakunya itu Rp 197juta,” ujar Kajari di temui di kantornya, Kamis (28/2/2019).

Hasil lelang ini, kata wanita yang kerap disapa Mirna ini, wajib dikembalikan ke negara. Hasinya nanti akan masuk dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Itu masuk menjadi penerimaan negara bukan pajak. Jadi nanti kejaksaan memasukan ke kas negara senilai Rp 500 jutaan,” paparnya.

Mirna mengakui lelang ini semestinya dapat terlaksana di penghujung tahun 2018 lalu. Hanya saja karena terkendala persoalan administrasi, lelang baru dapat dilaksanakan pada Senin, (25/2/2019) lalu.

“Memang kemarin kita memperkirakan selesai di desember, tetapi karena tidak terkejar jadinya sekarang. Kemarin senin baru lelang, dalam lima hari ini mereka membayar, tinggal ngambil barangnya,” paparnya.

Pihaknya berharap, lelang yang dilakukan kali ini dapat berlanjut untuk kedepan. Kerugian atas barang rampasan atau barang sitaan negara ini harus dikembalikan kepada negara.

“Kami cuman berusaja semaksimalnya, barang yang sudah incrach itu secepatnya dilakukan pelelangan,” pungkasnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?