Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Banten Wahidin Halim mnghadiri kegiatan Sinergi Untuk Rakyat, Sinergi Program Pemerintah Untuk Kesejahteraan Masyarakat, di Kampung Pojok Desa, Sindang Sari, Kota Serang, Jumat (15/3/2019) pagi. Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Kementerian Perumahan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengucurkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar Rp 288,7 miliar untuk peningkatan insfrastruktur di Banten. Ini terungkap dalam Kunjungan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Banten Wahidin Halim, dalam kegiatan Sinergi Untuk Rakyat, Sinergi Program Pemerintah Untuk Kesejahteraan Masyarakat, di Kampung Pojok Desa, Sindang Sari, Kota Serang, Jumat (15/3/2019) pagi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, nilai anggaran tersebut akan diperuntukan untuk beberapa program, yakni program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigas (P3TGAI) dan padat karya senilai Rp 68,6 miliar untuk 205 desa.

Jembatan gantung untuk 4 unit dengan anggaran Rp 14 miliar. Kotaku untuk 78 kelurahan dengan anggaran Rp 83 miliar, Pamsimas untuk 83 desa dengan anggaran Rp 20,3 miliar.

Selanjutnya, Sanimas untuk 47 lokasi dengan anggaran Rp19,2 miliar, BSPS untuk 4.000 unit dengan anggaran Rp 77 miliar. PISEW untuk 11 kecamatan dengan anggaran Rp 56,6 miliar.

Ia mengklaim, jika Kemen PUPR telah berhasil memperbaiki irigrasi untuk 305 desa, pembangunan jembatan gantung sebanyak 43 desa, 4.000 unit rumah yang diperbaiki.

“Kami (PUPR,red) menyerahkan kebijakan ke Pak Gubernur,red) titik-titik mana aja rumah yang akan diperbaiki. Yang terpenting, anggaran dari pusat sudah kita kucurkan untuk Banten,” ujarnya.

Ia mengaku, jika anggaran-anggaran yang disediakan untuk Provinsi Banten di tahun ini, merupakan penggabungan program dari sejumlah Kementerian.

“Dengan program keroyokan ini, diharapkan, mampu meningkatkan Insfrastruktur di Banten,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Banten, Wahidin Halim mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan APBN untuk Banten untuk peningkatan insfrastruktur di Banten.

“Terima kasih pak Jokowi sudah memberikan anggarannya perbaikan insfrastruktur untuk Banten,” tungkas WH sapaan akrabnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?