Harga beras premium saat ini masih diatas HET (Harga Eceran Tertinggi). Tampak warga sesang membeli beras premium di salah satu rumah pasar di Kota Cilegon, Kumat (8/2/2019). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota Cilegon berencana akan menjalin Nota Kesepakatan Bersama atau Memorandum of Understanding (MOU) dengan Pemerintah Kabupaten Lebak untuk membantu ketersediaan beras di Cilegon. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan konsumsi beras jenis premium yang harganya masih diatas HET (Harga Eceran Tertinggi).

Kepala  Bidang Perdagangan Disperindag Kota Cilegon, Ema Hermawati mengatakan, rencananya MoU antara kedua pemerintah ini akan dilaksanakan akhir Maret mendatang.

“Selama ini kan harga beras yang dijual pedagang di Kota Cilegon masih diatas HET sebesar Rp10.500 per kg. Sedangkan, sesuai dengan HET hanya Rp9.460 per kg. Oleh karena itu, kami (Pemkot,red) ambil langkah dengan menjalin MoU dengan Pemkab Lebak,” kata Ema kepada Selatsunda.com,” Jumat (8/2/2019).

Selama ini, kata Ema, keterbutuhan beras premium di Cilegon masih jauh dari ketersediaaanya. Kebanyakan beras premium yang tersedia justru diperoleh dari luar wilayah Provinsi Banten.

“Selama ini kebutuhan beras premium di Cilegon masih sangat kurang. Per tahun aja baru terpenuhi 8.000 ton per tahun. Sedangkan kebutuhannya musti 40.000 ton beras. Jadi, kita masih kurang 32.000 ton beras premium. Dan kebanyakan, untuk memenuhi beras premium ini, pedagang justru mengambil beras premium dari Lampung, Sumatera, Jawa,” tambahnya.

Menurut Ema, beras yang berasal dari Lebak sangat berkualitas tinggi. Beras yang dihasilkan tergolong beras premium. Ia berharap kerjasama tersebut dapat menjadi solusi bagi Pemkot Cilegon untuk menstabilkan harga.

“Ini langkah yang sangat positif untuk Pemkot Cilegon. Apalagi, kita tahu jika beras di Lebak cukup bagus dan berkulitas sejajar dengan beras premium lainnya. Untuk itu, setelah MoU ini berjalan, akan menjadi solusi bagi kita untuk menekan harga beras premium,” kata Ema. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?