Penumpang KMP BSP 1 dievakuasi di Dermaga 3, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon pasca insiden kebakaran. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten, Herwanto mengatakan, pihaknya telah meminta keterangan sejumlah saksi terkait KMP BSP I yang terbakar di Perairan Merak, Kota Cilegon, Kemarin. Upaya ini sebagai langkah awal untuk menyelidiki sebab kejadian.

“Tadi itu kita sudah meminta keterangan dari kru kapal termasuk nakoda dan manajemen operator kapal,” ungkapnya, Jumat (8/2/2019).

Selain meminta keterangan saksi, otoritas pelabuhan di Banten ini juga mengecek dokumen kapal milik PT Tri Sujana Lines itu. Diketahui, Sertifikat Kapal buatan tahun 1973 dengan kapasitas angkut penumpang sebanyak 260 orang ini masih berlaku hingga 20 april 2019.

“Kalau melihat sertifikatnya, kondisi kapalnya masih laik laut,” tandasnya.

Terkait pemeriksaan yang akan dilakukan oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengetahui penyebab kejadian, lanjutnya, akan dilakukan pekan depan. Investigasi akan dilakukan KNKT bersama pihaknya untuk memeriksa kebakaran kapal.

“Secara teknisnya, pemeriksaan dari KNKT akan dilakukan hari senin. Kapal sekarang kan engker. Nanti baru kita bersama-sama dengan KNKT turun ke lokasi,” pungkasnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?