Seluruh penumpang KMP BSP 1 turun di Dermaga 3, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Kamis (7/2/2019). Seluruh penumpang yang sebelumnya berada diatas KMP BSP 1 terbakar dinyatakan selamat. Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Ratusan penumpang KMP BSP 1 akhirnya bisa dievakuasi di Dermaga 3, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Kamis (7/1/2019). Sebelumnya, Kapal milik PT Tri Sumaja Lines ini terbakar di Perairan Merak tak jauh dari Pulau Merak Besar.

Informasi yang dihimpun, KMP BSP 1 masuk alur Dermaga 3 sekitar pukul 20.48 WIB. Kapal saat itu ditarik dua tugboat yaitu Tirtayasa 1 dan Tirtayasa 3. Terlihat saat sandar, jembatan penumpang sulit untuk disambungkan dengan kapal. Penumpang baru bisa keluar dari kapal sekitar pukul 21.15 WIB.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten, Herwanto mengatakan, penumpang yang berjumlah 196 orang diatas kapal dinyatakan selamat.

“Seluruhnya ada 196 penumpang. Jumlah penumpang pejalan kaki 56 orang, jumlah prnumpang didalam kendaraan itu ada 110 orang. Kemudian Jumlah (penumpang orang) di truk sedang ada 14 orang, truk kecil 10 orang, kemudian tronton 6 orang. Semua dinyatakan selamat,” ungkapnya di Dermaga 3.

Terkait sumber api pada kejadian tersebut, kata Herwanto, api berasal dari ruang mesin kapal. Hal ini diutarakan berdasarkan keterangan yang disampaikan Nakoda Kapal, Sumarjono.

“Pada saat kapal sedang menunggu untuk sandar di Dermaga 1, Pelabuhan Merak telah terjadi asap yang bersumber dari kamar mesin. Seluruh ABK sesuai tugas masing-masing memadamkan api,” paparnya.

Untuk menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran itu, kata Herwanto, seluruhnya diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Untuk menyelidiki sebab-sebab terjadinya nanti diserahkan ke KNKT,” pungkasnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?