Dua bus Trans Cilegon Mandiri baru saja diresmikan saat di Terminal Seruni, Kota Cilegon, Kamis (7/2/2019). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Dinas Perhubungan Kota Cilegon mengakui masih terdapat kendala dalam pengoperasian Bus Trans Cilegon Mandiri pada rute Terminal Seruni-PCI-Ciwandan. Jarak keempat shelter pada rute ini masih berjauhan sehingga menyulitkan turun naik penumpang.

Diketahui empat shelter ini disediakan di Terminal Seruni, Kecamatan Cibeber, dua shelter di Jalan Lingkar Selatan (JLS) yang lokasinya tak jauh dari lampu merah PCI dan satu shelter lain di pertigaan Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Ciwandan.

“Memang itulah problem kita. Jadi kita coba akan bangun landasan shelter (tambahan) sementara,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, Andi Affandi di konfirmasi di sela-sela peresmian operasi Bus Trans Cilegon Mandiri (TCM) di Terminal Seruni, Kota Cilegon, Kamis (7/2/2019).

Pembangunan Shelter tambahan yang akan dijalankan pada tahun ini, menurut Andi, menjadi satu solusi sementara supaya tidak menyulitkan turun naik penumpang. Sekalipun shelter akan dibangun tanpa atap, namun masyarakat tidak lagi naik atau turun di shelter yang jauh dari tempat yang dituju.

“Shelter yang terbangun sekarang ini ada 4 (titik). Tahun 2019, kita akan bangun lagi 4 shelter, Itu baru berbentuk landasan. Karena apa, kita mau memprioritaskan titik-titik yang dibutuhkan masyarakat,” paparnya.

“Rencananya akan dibangun di persimpangan saja. Semacam persimpangan di Kalitimbang dengan Cikerai. Ciwaduk dengan Bagendung, kemudian di Lebak Denok dan sebagainya,” tandasnya.

Terkait pembangunan atap 4 shelter tambahan tersebut, direncanakan akan dibangun pada APBD Perubahan 2019 atau di tahun 2020. Pembangunan itu masih mempertimbangkan kemampuan anggaran yang mana hal itu perlu menyesuaikan minat masyarakat terhadap kebutuhan TCM.

“Nanti itu dibangun, di-crossing jalan di JLS. Sekitar 4 shelter sementara. Kalau meningkat minatnya, baru (atap shelter tambahan) kita bangun di ABT atau 2020 bisa dibangun,” terangnya.(Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?