Empat Bakal Pasangan Calon (bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Cilegon menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon, Senin (7/10/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Empat Bakal Pasangan Calon (bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati-Sokhidin, Ali Mujahidin-Firman Mutakin, Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta dan Iye Iman Rohiman-Awab menjalani tes kesehatan/swab di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon.

Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi mengatakan, usai pendaftaran bapaslon menjalani test kesehatan. Test ksehatan bacalon dimulai pada Hari ini, Senin (7/9/2020) mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

“Empat bakal calon yang telah ditetapkan memenuhi syarat pencalonan oleh KPU, akan menjalani tes kesehatan/swab di RSUD Cilegon,” kata Irfan kepada awak usai pendaftaran calon di KPU Cilegon, Senin (7/9/2020).

Irfan menjelaskan, pada proses tes kesehatan ini, petugas KPU akan memantau jalannya tes di RSUD.

Baca juga  Ini Besaran UMK 2022 Yang Ditetapkan oleh Gubernur Banten

“Karena tes kesehatan ini domainnya adalah rumah sakit, kami serahkan semua ke mereka. Dan kami sudah koordinasi juga dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cilegon,” jelas Irfan.

Usai dari tes kesehatan bakal calon, lanjut Irfan, KPU Cilegon akan menetapkan bapaslon menjadi pasangan calon (paslon)
pada Rabu (23/9/2020). Selanjutnya pada Kamis (24/9/2020) mendatang akan digelar pengundian calon kepala daerah.

Sementara, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengungkapkan, pihaknya akan menerjunkan 50 personel di beberapa titik di RSUD Cilegon untuk pengamanan jalannya tes kesehatan.

“Berbeda dengan pendaftaran selama tiga hari, untuk tes kesehatan bacalon, petugas polisi yang bertugas menjaga kemanaan hanya 50 personel. Jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pendaftaran. Kita juga belum tahu juga apakah calon tersebut membawa banyak pendukung atau tidak. Yang penting, semua personel kepolisian akan menjaga jalanya tes kesehatan para 4 bacalon,” pungkasnya. (Ully/Red)