Ilustrasi (fotografis : Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Baru dua pekan berubah dari zona oranye menjadi zona kuning, kini Kota Cilegon kembali menjadi berstatus zona oranye. Perubahan status zona kuning ke zona oranye ini berdasarkan peta sebaran Covid-19 Provinsi Banten pada Senin (7/6/2021). Selain Cilegon, Kota Serang juga berubah status dari zona kuning ke zona oranye.

Wakil Satgas I Covid-19 Kota Cilegon sekaligus Dandim 0623 Cilegon
Letkol Inf. Ageng Wahyu tak menyangka Cilegon kembali masuk menjadi zona oranye.

“Waduh kapan itu perubahannya? Apa mungkin berubahnya zona ini disebabkan oleh peningkatan kematian di Cilegon?,” kata Ageng kepada Selatsunda.com melalui pesan singkat whatsapp, Selasa (8/6/2021).

Menurut Ageng, berubahnya status Cilegon menjadi zona oranye dipengaruhi oleh faktor mudik Lebaran 2021 kemarin. Banyak masyarakat yang lebih awal lewat Pelabuhan Merak di Kota Cilegon.

Baca juga  2023, Bank Banten Bukukan Laba Rp 26,59 Miliar

“Memang faktor lebaran kemarin berdampak pada kembalinya Cilegon menjadi zona oranye. Kita (Pemkot) tidak bisa melarang masyarakat mudik akan tetapi hal ini justru tidak diacuhkan oleh masyarakat yang ingin ke kampung halamannya,” ujar Ageng.

Dengan kondisi ini, ia telah memerintahkan kepada seluruh anggota satgas baik tingkat kota maupun tingkat RT/RW untuk terus meningkatkan dan kembali mengedepankan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat.

“Meningkatkan kinerja dan kami tidak pernah bosan-bosan untuk tegas terhadap protokol kesehatan,” pungkasnya. (Ully/Red)