Suasana Car Free Day di Kota Cilegon, Minggu (3/10/2021). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon membuka 2 jalur untuk area Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias car free day (CFD). Setelah sebelumnya hanya membuka 1 jalur CFD yang ada di Jalan KH Yasin Beji itu.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Cilegon, Syafrudin mengatakan, keputusan dua jalur dibuka berdasarkan hasil rapat bersama Satgas Covid-19 dan perwakilan pedagang di CFD. Mengingat selama 4 pekan CFD berjalan dengan hanya membuka saja jalur saja malah menimbulkan kerumunan massa.

“Saat awal satu jalur dibuka, itu untuk pedagang. Satu jalur lagi untuk masyarakat berolahraga. Tetapi, jalur untuk olahraga ini sepi. Nah, satu jalur untuk pedagang ini cukup ramai bahkan menimbulkan kerumunan. Kami memutuskan untuk membuka satu jalur olahraga untuk dijadikan jalur untuk pedagang. Jadi total, ada dua jalur yang akan digunakan untuk pedagang pada kegiatan CFD ini,” kata Syafrudin kepada Selatsunda.com, Minggu (3/10/2021).

Baca juga  Laka di Tanjakan Maut JLS Kembali Terjadi, Truk Pengangkut Air Mineral Terguling

Kata Syafrudin, dua jalur yang dibuka untuk CFD tetap memperhatikan protokol Covid-19 meski Cilegon masuk dalam level 2. Disdagperin tetap membatasi 50 persen pengunjung yang masuk ke CFD.

“Waktu 1 jalur kan pedagangnya hanya 200 pedagang, nah dengan dibukanya 1 jalur lagi, pedagang yang berjualan di dua area ini sampai 250 pedagang,” katanya.

Senada dengan Syarudin, Ketua Pawon Cilegon, Iim Ibrohim mengapresiasi Satgas Covid-19 Cilegon telah mengizinkan pengoperasian CFD dengan 2 jalur.

“Sebelumnya kan hanya 1 jalur, jadi dengan dua jalur ini bisa mengurai keramaian saat CFD,” ucap Iip. (Ully/Red)