DPRD Cilegon menyampaikan pandangan umum fraksi terhadap Raperda tentang RPJMD Kota Cilegon Tahun 2021-2026 saat di DPRD, Rabu (14/7/2021). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Sebanyak 8 Fraksi di DPRD Kota Cilegon menyampaikan pandangan umumnya terhadap Raperda tentang RPJMD Kota Cilegon Tahun 2021-2026.

Dalam rapat paripurna yang digelar secara virtual di Gedung DPRD Cilegon pada Rabu (14/7/2021), kedelapan fraksi menyampaikan 9 pandangan terkait RPJMD masa kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon, Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta. Salah satunya menyangkut program 5.000 beasiswa full sarjana.

Faksi dalam menyampaikan pandangan, pertama mempertanyakan belanja bantuan sosial biaya pendidikan yang tertera dalam kerangka pendanaan. Fraksi mempertanyakan bertentangan tidaknya aturan kerangka pendanaan jika biaya beasiswa dimasukan kedalam bantuan sosial.

“Apakah hal ini tidak bertentangan dengan aturan yang ada jika beasiswa dimasukan dalam belanja bantuan sosial,” ujar Anggota Fraksi PKS DPRD Cilegon, Qoidatul Sitta membacakan pandangan seluruh fraksi.

Baca juga  Laka di Tanjakan Maut JLS Kembali Terjadi, Truk Pengangkut Air Mineral Terguling

Kemudian kedua, fraksi juga meminta penjelasan terkait penyebutan hibah lainnya pada kerangka pendanaan belanja hibah honor guru agama. Jangan sampai yang ditanyakan fraksi saat pelaksanaan APBD menemui masalah kedepannya.

Dalam pandangan lainnya, fraksi juga mempersoalkan implementasi program unggulan Helldy-Sanuji terkait pemberian 5.000 beasiswa untuk sarjana pertama (S1). Pemkot memang merencanakan memberikan 5.000 beasiswa kepada mahasiswa dalam 5 tahun. Akan tetapi program itu ditanyakan apakah beasiswa kurang lebih 1.250 kepada mahasiswa akan realistis terealisasi dalam setahunnya.

“Pertanyaannya apakah ini realistis jangan sampai dalam pelaksanaanya justru akan menimbulkan masalah terkait rekrutmen mahasiswa yang akan diberikan beasiswa. Sebab, harus mempunyai kriteria dan syarat tertentu berdasarkan aturan yang ada,” tutur Sitta.

Baca juga  RSUD Cilegon di Pusaran Bisnis RS Swasta, Pendapatan Drop 4 Tahun Terakhir, Semester I 2021 Hanya Capai Rp 26 Miliar

Fraksi juga menyorot program lain RPJMD seperti langkah strategis Helldy-Sanuji menangani masalah banjir di Cilegon. Karena dalam lima tahun terakhir ini, banjir yang terjadi di Cilegon kerap menelan korban jiwa dan menimbulkan kerugian materiil yang tidak sedikit.

“Mohon saudara walikota dan wakil walikota dapat menjelaskan koreksi seperti apa yang disiapkan dalam penanganan hal ini,” bebernya.

Fraksi selain hal tersebut juga menyorot strategi yang disiapkan dalam penanganan kemiskinan dan pengangguran. Begitu juga strategi meningkatkan daya beli masyarakat,
perbaikan informasi teknologi hingga upaya Pemkot meningkatkan daya saing daerah. (Ronald/Red)