Sekretaris Partai Gerindra Cilegon yang juga Wakil Ketua DPRD Cilegon, Hasbi Sidik diwawancara. (Foto Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – DPC Partai Gerindra Kota Cilegon akan memenuhi panggilan dari DPP pada, Esok, Kamis (8/6/2023). Pemanggilan itu terkait klarifikasi salah satu kadernya yang duduk sebagai Anggota DPRD Kota Cilegon yakni Gufron pindah ke partai politik lain karena mengikuti kontestasi pemilihan legislatif (pileg) 2024.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Cilegon, Hasbi Sidik mengatakan, klarifikasi itu merupakan bagian dari proses pergantian antar waktu (PAW) Anggota Fraksi Gerindra DPRD, Gufron yang telah pindah ke partai politik lain.

“Kita dapat undangan dari DPP untuk mengklarifikasi pindahnya Pak Gufron dari Partai Gerindra ke Partai Demokrat. Insya Allah besok saya diundang ke DPP untuk menjelaskan,” ujar Hasbi.

Mekanisme yang dijalankan itu kata Hasbi, adalah prosedur yang harus ditempuh jika ada kader yang merupakan anggota DPRD pindah ke partai lain. Jadi adalah hal yang wajar jika mekanisme tersebut ditempuh.

Baca juga  ASDP Terus Lakukan Transformasi Digitalisasi E-Ticketing, Kini Tercatat Lebih dari 1,6 Juta Pengguna Aktif Ferizy

“Saya kira sesuatu yang wajar kalau (kader Anggota DPRD) pindah partai, itu harus digantikan. Tidak di Partai Gerindra saja, di partai lain juga sama seperti itu,” ucapnya.

Hasbi yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon menyatakan, nantinya dari hasil klarifikasi yang dilakukan mahkamah partai barulah diputuskan yang bersangkutan untuk PAW.

“Mekanismenya kan kita proses PAW kemudian DPD bersurat ke DPP, baru klarisikasi. Nanti hasilnya di sidang mahkamah partai, baru diputuskan,” tuturnya.

Hasbi menerangkan, bukan hanya Gerindra Cilegon yang diminta klarifikasi. Namun nanti disana yang bersangkutan juga diundang untuk hadir.

“Beliau juga diundang. Apakah datang atau tidak, saya tidak tahu. Tetapi yang jelas Gufron sampai saat in ikan masih di Gerindra maka diundang,” tuturnya.

Baca juga  Jalan Sehat Harhubnas 2023, Ini Pesan yang Disampaikan Kepala KSOP Banten

Sementara itu, Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Cilegon, Gufron menyatakan, perpindahan dirinya dari Gerindra ke Demokrat ini tidak ada persoalan apapun. Ia menerangkan, perpindahannya telah disampaikan secara lisan kepada Gerindra Cilegon.

“Yang pasti gak ada masalah apapun dengan partai. Saya masuk ke Partai Gerindra juga lewat Pak Hasbi. Kalau secara resmi sih (pengunduran) belum. Cuman baru ngobrol dengan pas Hasbi Sidik saat pendaftaran di KPU Cilegon saja,” jelas Gufron.

Kata Gufron, dirinya akan hadir ke DPP Partai Gerindra untuk menjelaskan perpindahan dirinya ke Partai Demokrat.

“Insa Allah hadir, mudah-mudahan gak kendala apapun,” pungkasnya. (Ully/Red)