Kapal Sebuku milik PT ASDP sandar di Dermaga Premium, Dermaga 6 Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, momentum libur panjang Hari Peringatan Isra’ Mi’raj dan Tahun Baru Imlek, berpotensi mendorong pergerakan masyarakat. Untuk mengantisipasinya, PT ASDP Indonesia memastikan kesiapan sarana dan prasarana kapal penyeberangan dan pelabuhan.

“Libur peringatan Isra’ Mi’raj yang dilanjutkan cuti bersama menyambut Tahun Baru Imlek berpotensi mendorong masyarakat untuk melakukan perjalanan liburan termasuk melalui jalur darat dan naik kapal ferry, khususnya di wilayah tujuan wisata di Jawa, Sumatera dan Bali,” ungkap Shelvy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/2/2024).

Shelvy menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan sarana dan prasarana agar menghadirkan layanan prima bagi seluruh pengguna jasa, termasuk fasilitas publik yang berada di pelabuhan dalam mendukung perjalanan penyeberangan mulai dari pusat perbelanjaan di terminal eksekutif Merak-Bakauheni yang dilengkapi dengan tenant restoran, pakaian, mini market, musholla, toilet, dan mesin atm.

Selain itu, kenyamanan dan keamanan pengguna jasa dengan adanya jembatan penyeberangan orang (JPO) atau yang dikenal dengan access bridge di Pelabuhan Merak.

“JPO menghubungkan terminal eksekutif dan reguler sepanjang 441 meter. Selain memudahkan mobilisasi pengguna jasa dari terminal eksekutif ke reguler dan sebaliknya, JPO juga berperan penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jasa dengan memisahkan jalur antara pejalan kaki dan kendaraan,” ujarnya.

Kemudian fasilitas yang tersedia di kapal ekspres meliputi kasur, kantin, area bermain anak, musholla, klinik, ruang laktasi, hingga toilet khusus bagi difabel untuk memberikan kenyamanan tambahan bagi para pengguna jasa.

ASDP selama libur panjang tersebut  mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memiliki tiket maksimal H-1 sebelum melakukan perjalanan. Dengan kemudahan yang ada, pengguna jasa sudah dapat reservasi tiket secara online 60 hari sebelum keberangkatan melalui aplikasi atau website Ferizy. (Red)