Walikota Cilegon, Helldy Agutian meninjau langsung kondisi korban kebakarann kapal KMP Royce 1, yang membawa penumpang, terbakar di Laut Merak," Sabtu (6/5/2023) Foto : Ronal/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kapal Feri KMP Royce 1, yang membawa penumpang, terbakar di Laut Merak mendapat prihatin semua orang. Terlebih khusus dari Walikota Cilegon, Helldy Agustian.

Pantauan Selatsunda.com, Walikota Helldy tiba di ruang evakuasi penumpang Pelabuhan Merak pada pukul 19.00 WIB.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian, mengucapkan turut beduka cita atas kejadian kebakaran Kapal Feri Feri KMP Royce 1 saat perjalanan ke Lampung.

“Tentu atas nama Pemkot Cilegon, saya (Walikota Cilegon) turut prihatin yang sedalam-dalamnya atas musibah yang terjadiz Kami doakan tidak ada ada

musibah lain, dan ini suatu pembelajaran dan edukasi bagi kita. Dan saya berharap tidak ada korban yang meninggal dunia,” kata Helldy kepada awak media di Pelabuhan Merak,” Sabtu (6/5/2023).

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Helldy menambahkan, kehadiran dirinya datang, guna memastikan kejadian yang terjadi pada kapal penumpang tersebut. Meski begitu, dirinya belum bisa memastikan secara detail total penumpang di kapal tersebut.

“Sejauh ini kami belum terima data secara detail. Tapi, kami sudah bertanya ke salah satu penumpang (Pak Rijal) asal Palembang, jika api bukan berasal dari kapal melainkan dari kendaraan kecil atau besar. Tapi kemungkinan besar dari kendaraan yang besar sehingga menyala dan timbul percikan api,” tambah Helldy.

Menurutnya, proses evakuasi korban cukup cepat. Kapal milik Basarnas dan beberapa kapal lainya di dempetkan untuk  mengevakuasi para korban.

“Kalau ada rencana lagi di depetkan lagi (evakuasi penumpang). Jadi di tinggal lompat-lompat penumpang. Penanganan evakuasi penumpang cukup luar biasa. Kami (Pemkot Cilegon) sedang berkoordinasi dengan Danlanal Banten yang memastikan penumpang yang masih di dalam kapal,” ujarnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Orang nomor satu di Cilegon, pihaknya menerima laporan jika ada 5 korban yanh sudah dibawa ke puskesmas dan 3 orang dibawa ke rumah sakit.

“Tadi kami menerima kaporan di ouskemsaa ada 5 orang (benjol dan sesak) dan ada 3 orang di bawa ke rumah sakit. Untuk total keseluruhan korban, saya belum terima laporan,” pungkas Helldy. (Ronal/red).