Tim KNKT turun Investigasi penyebab kebakaran KMP Mutiara Berkah I di Pelabuhan Indah Kiat, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Kamis (7/9/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) turun ke Pelabuhan Indah Kiat Merak, Kota Cilegon untuk mencari tahu penyebab KMP Mutiara Berkah I yang terbakar pada Rabu (6/9/2023).

Investigator Keselamatan Pelayaran KNKT, Bambang Safari Alwi mengatakan, pihaknya pada hari pertama investigasi akan melakukan langkah awal dengan wawancara dengan awak kapal dan penumpang.

“Nanti kita juga akan melakukan wawancara terhadap perusahaan, terhadap pelabuhan ini,” ujarnya di lokasi, Kamis (7/9/2023).

Untuk memastikan penyebab kapal terbakar, kata Bambang, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan kapal. Namun saat ini, investigasi belum dapat dilakukan karena kapal tengah dalam proses pendinginan.

“Sekarang proses masih cooling (pendinginan), karena panas, kita KNKT belum bisa masuk. Jadi sekarang kami coba mencari informasi melakukan wawancara ke awak kapal dan juga penumpang yang saat itu mungkin menyaksikan kejadian,” terangnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Jadi KNKT pure semata-mata mencari tahu akar permasalahannya. Apa sih penyebabnya sampai kapal mengalami terbakar. Karena kita tahu kapal saat itu belum berlayar,” ucapnya.

Diketahui dari pemberitaan sebelumnya, Kapal Penyeberangan KMP Mutiara Berkah I terbakar di Pelabuhan Indah Kiat, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Rabu (6/9/2023). Sebanyak 139 penumpang yang ada diatas kapal dilaporkan selamat. (Ronald/Red)