CILEGON, SSC – Komplotan pelaku bajing loncat yang beraksi mencuri gula ranifasi berhasil digulung Satreskrim Polres Kota Cilegon. Para pelaku berhasil merampas 1,7 ton gula milik sebuah perusahaan. Pelaku bajing loncat ini melakukan aksinya tersebut di tol Tangerang-Merak.

Kasat Reskrim Polres Cilegon AKP Syamsul Bahri mengatakan, ketiga pelaku yang diringkus ini bernisial S, C, dan W. Ketiganya berkomplot untuk mencuri gula rafinasi milik PT Angel Product. Selain ketiga pelaku, kata Samsul, terdapat 3 pelaku lain yang saat ini masih DPO (Daftrar Pencarian Orang).

“Saat ini masih ada 3 pelaku kita tetapkan DPO,” kata Syamsul kepada awak media di Mapolres Kota Cilegon, Rabu (10/1/2024).

Baca juga  PDAM Kota Cilegon Targetkan Tekan Kebocoran  Hingga Dibawah 20 Persen di 2024

Syamsul menjelaskan, dalam melancarkan aksinya ini, ketiga pelaku memiliki peran masing-masing.

“Modus pelaku mereka sudah merencanakan untuk melakukan tindak pidana dengan pemberatan, dari pihak sopir maupun teman sudah menunggu di exit tol Merak, sebelum keluar tol kendaraan itu diberhentikan dan dilakukan pemindahan barang oleh para pelaku,” jelasnya.

Mantan Kasat Narkoba Cilegon ini, mengungkapkan, barang bukti yang berhasil diamankan, yakni, 22 karung berisi raw sugar, satu unit kendaraan roda empat merek Mitsubishi L300, satu unit drumtruck, satu bendel surat jalan, satu buat tas merek Eiger, dan satu buah dompet.

Atas tindak kejahatan yang dilakukan tersebut, tiga pelaku dikenakan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun.

Baca juga  Besok, Sebanyak 110 Tenaga Honorer Cilegon Dilantik Jadi Tenaga PPPK

Sementara itu, HRD dan Humas Manager PT Angels Products Sugianto menyampaikan, pencurian tersebut membuat perusahaannya mengalami kerugian yang cukup besar.

Sugianto menerangkan, peristiwa pencurian ini adalah peristiwa pertama yang dialami oleh perusahaannya.

“Jadi kerugian yang kita terima sekitar Rp 20 juta dari 1,7 ton gula yang dicuri itu,” pungkasnya. (Ully/Red)