Ketua Forum Kota Sehat Kota Cilegon, Hanny Seviatri

CILEGON, SSC – Tim Verifikator Kabupaten/Kota Sehat tingkat nasional tengah melakukan verifikasi Kota Sehat Kota Cilegon. Berbagai hal yang telah dilakukan oleb Kota Cilegon untuk bisa mempertahankan penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara.

Demikian disampaikan oleh Ketua Forum Kota Sehat Kota Cilegon, Hanny Seviatri mengatakan, Provinsi Banten dan pemerintah pusat tengah melakukan penilaian verifikasi Kota Sehat ke Kota Cilegon.

“Kalau dari Provinsi Banten sudah selesai di verifikasi. Dan sekarang lagi dilakukan penilaian secara nasionanya. Saat ini kita menunggu hasil pengumuman dari pusat,” kata Hanny kepada Selatsunda.com ditemui di salah satu hotel di Kota Cilegon, Senin (31/7/2023).

Hanny menambahkan, untuk menjadikan Cilegon kota sehat dengan menciptakan masyarakat yang aman dan nyaman bukan hanya tugas pemerintah daerah atau organisasi perangkat daerah (OPD) tertentu saja, melainkan hal tersebut sudah menjadi tugas bersama.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Misalkan berkaitan kota sehat urusannya OPD kesehatan saja, tentu bukan tapi menyeluruh, mulai dari lingkungan bersih, jaminan kesehatan, lingkungan kerja bersih sampai bagaimana kondisi di masyarakatnya,” tambah Hany.

Lanjut Hany, berdasarkan pada aturan bahwa dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat ada sembilan indikator yang perlu dilaksanakan. Yang pertama, tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, kedua  tatanan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi sehat, ketiga, tatanan industri dan perkantoran sehat, dan keempat tatanan kawasan pariwisata sehat.

Indikator selanjutnya, sambung Hany, adalah tatanan pertambangan sehat, kemudian tatanan hutan sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan ketahan pangan dan gizi, serta tatanan kehidupan sosial yang sehat.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Kita (Kota Cilegon), Insya Allah bisa meraih penghargaan Swasti Saba Wistara dan bisa mempertahankan penghargaan tersebut untuk ketiga kalinya. Dan jangan sampai turun juga penghargaa yang sudah kami raih itu,” sambung Hany.

Diberitakan sebelumnya, Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan, pada rapat zoom meeting dengan Pemerintah Pusat ini dalam rangka menempuh Kota Sehat 2023.

“Jadi se-Provinsi Banten, yang direkomendasi oleh mereka itu ke pusat yakni, Pemkot Cilegon untuk bisa memperoleh katagori tertinggi kota sehat,” kata Helldy kepada Selatsunda.com,” Selasa (25/7/2023).

Helldy mengaku akan mempercepat penanganan penyakit tuberkulosis (TBC) di Kota Cilegon.

“Kalau kita melihat industri, memang TBC menjadi poin terpenting penanganan percepatan, ini kami juga sudah menyiapkan semua akses untuk penanganan ini,” pungkasnya. (Ully/Red)