Simulasi penggunaan aplikasi SIAPEM saat peluncuran di Kantor KPU Kota Serang, Rabu (7/4/2021). Foto Fathulrizkoh/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang, terus berupaya melakukan pemuktahiran data pemilih berkelanjutan (DPB) melalui aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pemilu (SIAPEM).

Ketua KPU Kota Serang, Ade Jahran, mengatakan bahwa, dengan menggunakan aplikasi SIAPEM masyarakat bisa dengan mudah merubah data diri melalui aplikasi.

“Merubah data diri, daftar jika itu pemilih baru, hingga melaporkan data masyarakat yang sudah pindah daerah atau meninggal dunia. Tidak perlu repot datang ke KPU, tinggal download,” katanya ketika memberikan sambutan peluncuran SIAPEM di Kantor KPU Kota Serang, Rabu (7/4/2021).

Dengan menggunakan aplikasi, katanya, data masyarakat pun diyakini tidak akan ada yang ganda. Karena sistem akan menolak jika ada data yang sudah terdaftar hendak melakukan pendaftaran ulang.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Pasti sudah tercatat, iya menolak sendiri. Kecuali ingin merubah data, bisa,” jelasnya.

Ia menyampaikan, saat ini DPB Kota Serang terdapat 364 ribu. Jumlah ini bisa meningkat jika pemilih baru turut aktif mendaftar melalui aplikasi. Untuk itu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi penggunaan SIAPEM kepada masyarakat, pondok pesantren, dan lainnya.

“Ya akan sosialisasikan, di website, pondok pesantren, masyarakat,” imbuhnya.

Dalam aplikasi tersebut, masih kata Ade, terdapat 9 menu berisi informasi Pemilu. Seperti data pemilih, e-PPID, JDIH, Pilkada, Pemilu, website, cek hoax, informasi, dan panduan.

“Kita berharapnya, ketika ada pemilihan kepala daerah (Pilkada) mayarakat bisa mengecek melalui aplikasi ini,” harapnya.

Di lokasi yang sama, Walikota Serang, Syafrudin turut memberikan apresiasi kepada KPU Kota Serang atas peluncuran aplikasi SIAPEM. Menurutnya, aplikasi ini bisa bermanfaat untuk masyarakat dan pemerintah Kota Serang.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Dalam rangka pemuktahiran data, sudah dilombakan (SIAPEM) mendapat juara 1. Secara aplikasi KPU Kota Serang alhamdulillah, dari dukungan semua pihak sudah bisa menciptakan aplikasi yang bisa cepat dilihat, diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkasnya. (SSC-03/Red)