JAKARTA, SSC – Perusahaan penghasil baja, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk memperoleh penghargaan Badan Publik dengan kategori Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik. Penghargaan diterima saat penganugrahan diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) pada 19 Desember 2023 di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta.

Penghargaan diberikan oleh Ketua Informasi Pusat Donni Yoesqiantoro kepada Direktur Utama Krakatau Steel Purwono Widodo dan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Rl Ma’ruf Amin yang turut memberikan apresiasi serta sambutan yang juga didampingi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi. Acara ini diikuti oleh badan publik yang terdiri dari Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Pemerintah Provinsi, BUMN, Perguruan Tinggi Negeri dan Partai Politik.

Direktur Utama Krakatau Steel Purwono Widodo mengatakan, penghargaan ini diberikan atas hasil monitoring dan evaluasi KIP terhadap pelaksanaan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik oleh Krakatau Steel pada periode tahun 2023. Penghargaan ini pun diberikan setelah melewati beberapa tahap proses Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat antara lain: Registrasi dan Tahapan Pengisian Kuesioner Evaluasi Diri (18 Agustus – 22 September 2023), Tahapan Verifikasi (23 September – 27 November 2023), Tahapan Presentasi (28-30 November 2023) dan Tahapan Visitasi kepada 15 Badan Publik Terbaik (4-14 Desember 2023).

Baca juga  Seleksi Calon Paskibraka Cilegon 2024 Dijamin Tak Ada Titipan

“Krakatau Steel meraih nilai 92,85 dan memperoleh klasifikasi sebagai Badan Publik Informatif bersama 25 perusahaan BUMN lainnya dari 139 Badan Publik kategori informatif. Dengan pencapaian ini menunjukkan bahwa Krakatau Steel sudah secara optimal dalam upaya menjalankan amanat UU Keterbukaan Informasi Publik mengingat sebelumnya Krakatau Steel berada pada kategori Badan Publik Tidak Informatif” ujar Purwono.

Purwono mengungkapkan, komitmen awal Krakatau Steel terhadap layanan keterbukaan informasi dimulai dengan pembentukan tim pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID). Adapun Inovasi Layanan Informasi Publik yang dilakukan Krakatau Steel adalah digitalisasi. Krakatau Steel mengembangkan platform website dan telah merilis layanan Web dan Mobile PPID pada tanggal 7 Agustus 2023.

Baca juga  8 Kecamatan di Cilegon Diminta Siapkan Anggaran Pelaksanaan MTQ Tingkat Kota 2024

“Dengan pencapaian ini, Krakatau Steel sebagai Badan Publik kategori Informatif berkomitmen untuk terus menguatkan keterbukaan informasi publik sebagai bagian dari implementasi pelayanan keterbukaan informasi publik sebagai pemenuhan hak masyarakat atas informasi di Indonesia. Semoga kontribusi ini dapat menjadi acuan bagi seluruh Badan Usaha Milik Negara untuk dapat meraih klasifikasi Badan Publik kategori Informatif” tutup Purwono. (Red)