Kepala Bidang Mutasi, Promosi dan Penilaian Kinerja pada BKPSDM Kota Cilegon, Dhani Karna Rajasha saat diwawancarai sejumlah wartawan," Kamis (21/12/2023). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kursi jabatan di Lingkup Pemkot Cilegon banyak yang mengalami kekosongan alias tanpa pejabat definitif.

Kepala Bidang Mutasi, Promosi dan Penilaian Kinerja pada BKPSDM Kota Cilegon, Dhani Karna Rajasha membenarkan jika banyak kursi jabatan kosong ditinggal pejabat sebelumnya. Dari 32 jabatan yang kosong, beberapa diantaranya karena telah pensiun dan meninggal dunia. Kemudian ada jabatan yang kosong paska dilaksanakannya rotasi mutasi eselon II dan III.

“Iyah benar banyak kursi kosong ditinggal pejabatnya. Totalnya ada 32 orang, ada yang pensiun dan 8 orang yang meninggal dunia. 42 ASN yang pensiun mulai dari Oktober, November dan Desember,” kata Dhani kepada Selatsunda.com, Kamis (21/12/2023).

Baca juga  Sambut Idul Adha 2024, Krakatau Steel Serahkan Bantuan 211 Hewan Kurban

Dhani menambahkan, kursi jabatan yang kosong ini mayoritas pada tingkatan jabatan eselon III dan IV. Sementara untuk eselon II tidak mengalami kekosongan jabatan mengigat, karena sebelumnya Pemkot Cilegon telah melakukan seleksi terbuka atau open bidding untuk jabatan eselon II.

“Untuk di eselon II gak ada yang kosong. Kebanyakan jabatan kosong ada di eselon III dan IV,” tambahnya.

Terkait jabatan kosong ditinggal pejabat sebelumnya, sambung Dhani, pihaknya masih menunggu arahan dari pimpinan dalam hal ini kepala daerah.

“Semua sudah kita persiapkan (pengisian jabatan). Prinsipnya kita menunggu arahan dari pimpinan untuk dilakukan pengisian jabatan yang kosong,” sambung Dhani.

Dhani memperkirakan pengisian jabatan yang kosong ini akan terisi pada akhir 2023 nanti.

Baca juga  Penyelundupan Benih Lobster Diungkap Lanal Banten, 77 Ribu Ekor Diamankan

“Mungkin bisa jadi akhir tahun ini. Prinsipnya kita siap tinggal tunggu arahan Pak Walikota Cilegon saja,” pungkasnya.

Perlu diketahui, untuk jabatan kosong di Eselon II ada sebanyak 2 orang dari 33 jabatan, eselon IIIa ada 10 orang dari 51 jabatan, eselon IIIb ada 3 dari 82 jabatan, eselon IVa ada 12 orang dari 193 jabatan dan jabatan eselon IVb ada 5 orang dari 224 jabatan. Dengan total keseluruhan  ada 31 orang kosong dari total 584 jabatan. (Ully/Red)