Lapas Cilegon Terima 70 narapidana dari Lapas Pemuda Tangerang. (Foto Istimewa)

CILEGON, SSC – Sebanyak 70 narapidana dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda (Lapasda) Kelas IIA Tangerang dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon, Sabtu (3/6/2023) dini hari.

Kepala Seksi (Kasi) Administrasi Kamtib Lapas Kelas IIA Cilegon, Hilman Hilmawan mengatakan, sebagian besar merupakan napi kasus narkoba. Selain itu terdapat tiga napi kasus pembunuhan berencana.

Himan mengatakan, pemindahan 70 napi Lapas Pemuda Tangerang ini, mengigat kapasitas di lapas terlalu overload sehingga perlu pengurangan jumlah napi di lapas tersebut.

“Napi-napi yang baru ini, sebelum dipindahkan ke blok hunian, mereka terlebih dulu pemeriksaan barang bawaan hingga pemeriksaan kesehatan. Mereka juga telah menjalankan rapid test Covid-19. Mereka juga telah menjalankan rapid test Covid-19. Hasilnya, seluruhnya dinyatakan non reaktif atau negatif dari virus corona,” kata Hilman Hilmawan, Minggu (4/6/2023).

Baca juga  Empat Kecamatan di Cilegon Berpotensi Terjadi Pergerakan Tanah, Ini Wilayahnya

Hilman menambahkan, untuk saat ini total kapasitas hunian di Lapas Cilegon ada 1.916 napi. Total kapasitas di hunian maksimum ada 196 orang.

“Jadi saat ini blok maksimum Lapas Cilegon mampu menampung para napi dari seluruh Indonesia yang memiliki resiko tinggi diantaranya, narkoba, korupsi dan teroris,” tambah Hilman.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Cilegon, Enjat Lukmanul Hakim mengungkapkan, meski saat ini di Lapas Cilegon mengalami over kapasitas, pihaknya masih menampung limpahan napi dari Rutan dan Lapas luar kota Cilegon.

“Saat ini Lapas Cilegon napinya sudah lebih dari 2.000 orang. Meski over kapasitas, kami masih menampung. Hal tersebut tetap dilakukan, karena Lapas Cilegon masih difungsikan sebagai penyanggah untuk Lapas dan Rutan di wilayah Tangerang dan sekitarnya,” pungkasnya. (Ully/Red)