Pekerja asing mengikuti pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di PLTU Jawa 7, Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Minggu (10/10/2021). Foto Ronald/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Ratusan peserta baik pekerja asing, lokal dan masyarakat yang ada di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa 7, Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang mengikuti vaksinasi Covid-19, Minggu (10/10/2021).

Vaksinasi yang digelar di Gerai Vaksin Presisi tepat di depan PLTU Jawa 7 ini terinisiasi atas kerja sama Polres Serang Kota dengan PT Shenhua Guohua Pembangkitan Jawa Bali (SGPJB).

Kapolsek Kramatwatu, Kompol D P Ambarita mengatakan, Vaksin Presisi merupakan bentuk bakti kesehatan bhayangkara untuk masyarakat dalam mempercepat program vaksinasi nasional. Sedikitnya dalam pelaksanaan tersebut menyasar 600 penerima vaksin baik vaksin kedua dan pertama.

“Hari ini kita laksanakan vaksin pertama dan kedua menyasar 600 orang. Ini diperuntukan kepada karyawan PLTU Jawa 7 dan masyarakat sekitar,” ujar Kapolsek.

Pekerja lokal di PLTU Jawa 7 mengikuti pelaksanan vaksinasi Covid-19

Sejauh ini, kata Kapolsek, antusias dari pekerja dan masyarakat yang mengikuti vaksinasi tinggi. Sebelumnya dari beberapa pelaksanaan Vaksin Presisi yang digelar pihaknya disejumlah tempat juga mendapat antusiasme dari masyarakat dan pekerja industri di wilayah Kramatwatu.

Baca juga  Jadi Temuan OJK, Aset Tanah BPRS Cilegon Mandiri Dijual

“Alhamdulillah antusias sangat tinggi dari masyarakat. Kami dalam hal ini berterimakasih kepada manajemen PLTU Jawa 7 yang sudah menyediakan tempat,” terangnya.

Sementara, Senior Supervisor Public Relation PT Shenhua Guohua Pembangkitan Jawa Bali (SGPJB), Herdian Djuanda menyatakan, pelaksanaan vaksinasi menyasar pekerja perusahaan baik tenaga kerja asing (TKA) maupun tenaga kerja lokal di PLTU Jawa 7. Vaksinasi juga menyasar kepada masyarakat sekitar. Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, perusahaan menyediakan 450 dosis vaksin kedua dan 150 dosis vaksin pertama.

Sejauh ini untuk TKA yang telah menerima vaksin kedua sebanyak 34 orang dan tenaga kerja lokal 46 orang. Sementara untuk TKA yang menerima vaksin pertama 2 orang dan tenaga kerja lokal 20 orang.

Baca juga  Laka Truk Tangki Kimia dengan Bus Penumpang di Tol Merak, Satu Penumpang Tewas

Kata Herdian, sampai saat ini perusahaan sudah melakukan vaksinasi hampir 99 persen karyawan di PLTU Jawa 7. Ia berharap, dengan vaksinasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh seluruh pekerja untuk terbebas dari Covid-19.

“Semoga semua sudah bisa tervaksin dan herd immunity juga meningkat sehingga terbebas dari Covid dan operasi tetap berjalan,” harapnya.

Di tempat sama, salah satu tenaga kerja asing PLTU Jawa 7, Zheng Yi Xiang mengaku berterimakasih atas suntik vaksin yang diterimanya. Ia percaya dengan vaksinasi bisa terhindar dari Covid-19.

“Ini vaksin pertama. Saat divaksin tadi, tidak ada masalah dan baik-baik. Saya yakin dengan divaksin bisa terhindar dari Covid,” pungkas dia kepada media dengan diterjemahkan oleh penerjemah perusahaan, Dewi Setiawati. (Ronald/Red)