Banjir di Lingkungan Kedawung, Kelurahan Tegal Bunder, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon pada Kamis," Kamis (2/3/2023). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Hujan deras menyebabkan banjir di Lingkungan Kedawung RT 15 RW 05, Kelurahan Tegal Bunder, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon. Sedikitnya ada sebanyak  11 KK (kepala keluarga) di Lingkungan Kedawung terendam banjir. Tak hanya itu, 1 sekolah PAUD juga terdampak sehingga sekolah terpaksa meliburkan aktivitas belajar mengajar para siswa. Mengenai hal ini Camat Purwakarta, Ikhlasin Nufus angkat bicara.

Camat Purwakrta, Ikhlasin Nufus mengatakan, banjir yang terjadi di wilayah Kedaung, Kelurahan Tegal Bunder terjadi karena terdapat penyempitan saluran sungai di Sungai di Pabean hingga Sungai Capang. Akibatnya membuat air hujan di Sungai Capang meluap.

“Jadi air ini kiriman dari sungai di Paben yang cukup deras. Sampai di Sungai Capang air kiriman tersebut meluap. Sungai di sini memang tidak pernah ada pengerukan yang dilakukan oleh OPD terkait,” kata Ikhlasin Nufus kepada Selatsunda.com, Kamis (2/3/2023).

Baca juga  Penyanyi Kapal Ditemukan Tewas di Kontrakan di Merak Cilegon, Diduga Jadi Korban Pembunuhan

Kata Nufus, banjir di Lingkungan Kedaung sudah terjadi dua kali pada tahun ini. Guna mengantisipasi kejadian serupa terjadi, pihaknya telah mengusulkan kepada pemerintah melalui Musrembangcam (Musyawarah Pembangunan Kecamatan) Purwakarta untuk membuat tandon di wilayah Kedaung.

“Usulan di 2023 sudah kami sampaikan saat Musrembangcam kemarin. Kami juga berharap, pemerintah bisa merealisasikan pembangunan tandon di wilayah sini,” pungkas Nufus.

Pada pemberitaan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Cilegon menyebkan beberapa wilayah terendam banjir. Salah satunya terjadi di Lingkungan Kedawung RT 15 RW 05, Kelurahan Tegal Bunder, Kecamatan Purwakarta, Kamis (2/3/2023). Kejadian banjir dilaporkan terjadi sekitar pukul 06.45 WIB. Banjir ini menyebabkan 11 kepala keluarga (KK) dan satu sekolah paud terdampak. (Ully/Red)