Inspektur Pembantu (Irban) IV Inspektorat Kota Cilegon, Upik Suwardani, Minggu (9/7/2023). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.con

CILEGON, SSC – UPG (Unit Pengendali Gratifikasi) pada Inspektorat Kota Cilegon mengingatkan kepada seluruh pejabat di Lingkup Pemkot Cilegon untuk melaporkan jika menerima hadiah dari orang lain ketika momen hari-hari besar dan kegiatan lain, seperti, pernikahan, akikahan, kelahiran, khitanan dan upacara adat.

Inspektur Pembantu (Irban) IV Inspektorat Kota Cilegon, Upik Suwardani, mengatakan hadiah yang diterima pejabat itu bisa dikategorikan gratifikasi bila terkait dengan jabatannya.

“Pada dasarnya gratifikasi itu tidak diperbolehkan dan dilarang. Pemberian yang diterima itu harus dilaporkan karena itu bentuk gratifikasi. Contoh, ketika saudara saya ngasih sesuatu ke saya, pejabat tersebut yang memiliki kewenangan di OPD wajib lapor. Itu gak boleh dan itu harus dilaporkan pemberian, uang dan barang ke UPG Inspektorat Kota Cilegon,” kata Upik kepada Selatsunda.com, Minggu (9/7/2023).

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Upik sapaan akrabnya ini pun menjelaskan kriteria penerimaan oleh penyelenggara negara atau pejabat negara yang masuk kategori gratifikasi. Ia menyebut, jika pejabat negara menerima hadiah di atas Rp 1 juta, wajib diumumkan atau dilaporkan ke UPG yang ada di Inspektorat dengan jangka waktu paling lambat 10 hari usai menerima gratifikasi.

“Kalau kita mau melaporkan lebih dari 10 hari baru kita mau lapor itu lapornya harus ke KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) jelas Upik.

Kata Upik, jika pejabat tersebut tidak melaporkan dirinya menerima gratifikasi, maka itu masuk kategori tindak pidana korupsi. Bahkan, pejabat yang menerima gratifikasi ini akan terancam hukuman baik pidana maupun disipliner.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Hukum pidana paling tinggi 20 tahun penjara dan akan menerima saksi disipilin pegawai,” pungkasnya. (Ully/Red)