Tim Bappedalitbang Cilegoj melakukan pendampingan inovasi di salah satu kelurahan di Kota Cilegon, Rabu (23/8/2023). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Sebanyak 100 inovasi dari OPD maupun kelurahan di Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon direncanakan akan dilaunching pada akhir 2023 ini. 100 inovasi ini, hasil dari monitoring yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pembangunan atau Bappeda Litbang Kota Cilegon sejak Juli hingga minggu ketiga September 2023.

Kabid Penelitian dan Pengembangan pada Bappeda Kota Cilegon, Rina Fatwa Aulia mengatakan, sebelum launching, 100 inovasi ini terlebih dulu masuk ke laboratorium inovasi untuk dilakukan verifikasi oleh LAN (Lembaga Adminitrasi Negara) untuk selanjutnya ditetapkan SK (Surat Keputusan) Walikota Cilegon Tentang Pelaksanaan Inovasi.

“Jadi akan terlihat semua, mana saja inovasi yang sudah dianggap layak ditetapkan. Selain itu, akan kelihatan juga, dari anggaran inovasi sebesar Rp 50 juta per kelurahan untuk inovasi progresnya sudah sejauh mana. Sehingga, kedepan bisa jadi evaluasi oleh Pak Walikota (Helldy Agustian). Karena masih ada juga beberapa kelurahan yang justru tidak ada inovasinya,” kata Rina kepada Selatsunda.com,” Rabu (6/9/2023).

Baca juga  Pilkada 2024, KPU Kota Cilegon Mulai Rekrut PPK dan PPS

Ia menambahkan, sebelum 100 inovasi ini dilaunching, ada beberapa persyaratan hal yang harus dipenuhi. Diantaranya, telah memiliki SK Tim Inovasi, memiliki SOP (Standar Operasional) inovasi atau proposal inovasi, memiliki dokumentasi (video dan foto) serta memiliki data penerima manfaat dari inovasi tersebut.

“Semua persyaratan ini harus kita penuhi semua. Jika sudah terpenuhi semua, otomatis inovasi tersebut sudah dinyatakan siap diluncurkan untuk masyarakat. Ketika nanti di launching, kepala OPD, kepala kelurahan dan kecamatan akan mendatangani komitmen berita acara melaksaan inovasi. penandatangan itu akan dilakukan saat launching dihadapan walikota dan LAN RI,” tambahnya.

Kata Rina, berdasarkan data pada 2001 lalu, inovasi Kota Cilegon hanya 79 inovasi. Sementara di 2023 sudah mencapai 253 inovasi.

Baca juga  Pemkot Cilegon Masih Kaji Rencana Pemindahan RKUD ke Bank Banten

“Di 2024 nanti, kita targetkan 200-300 inovasi sehingga Kota Cilegon masuk dalam Kota Inovatif. Saya yakin, Cilegon mampu mencapai harapan tersebut,” pungkasnya. (Ully/Red)