Walikota Cilegon, Helldy Agustian memantau tes CPNS yang digelar di salah satu hotel Kota Cilegon, Senin (4/10/2021). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pemkot Cilegon menggelar tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2021. Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ini diikuti sebanyak 2.070 peserta.

Kepala Sub-Bidang (Kasubid) Pengadaan dan Pemberhentian Bidang P3KP pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon Gegoh Tinambunan mengatakan, ribuan peserta yang mengikuti tes CPNS untuk mengisi 39 formasi yang dibuka.

“Hanya 39 orang saja yang terpilih untuk menjadi ASN di Kota Cilegon dari hasil CPNS ini,” kata Gegoh kepada awak media ditemui di lokasi ujian yang diselenggarakan di salah satu hotel di Cilegon, Senin (4/10/2021).

Dalam SKD, kata Gegoh, panitia menyelenggarakan 3 tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Untuk bisa lolos tiga tes tersebut, peserta harus memenuhi passing grade yang ditetapkan. Untuk nilai passing grade pada TWK adalah 65, TIU bernilai 80 dan TKP bernilai 66.

Baca juga  Duarr! Ibu Hamil di Anyer Serang Jadi Korban Sambaran Petir

“Jadi total yang harus dimiliki oleh CPNS agar lolos ujian sebesar 311,” ujarnya.

Lanjut Gegoh, lolos tidaknya peserta yang mengikuti SKD CPNS akan diumumkan oleh BKN.

“Nanti akan ada rangking terbesar dari tes CPNS dari BKN. Kami prinsipnya menunggu keputusan dari BKN. Sebab, waktunya cukup mepet, karena mereka (CPNS) akan mulai bekerja pada 1 Januari 2022 mendatang. Pengumuman mereka lolos ada tidak itu setelah hasil rekon data setelah itu barulah keluar hasil rangking dari BKN dan terakhir baru kelihatan mereka ini dinyatakan lolos apa tidak di ujian ini,” lanjut Gegoh.

Sementara itu, Walikota Cilegon, Helldy Agustian berharap para peserta CPNS yang lolos ujian tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa menjadi PNS.

Baca juga  Laka Truk Tangki Kimia dengan Bus Penumpang di Tol Merak, Satu Penumpang Tewas

“Setiap orang pasti punya kesempatan. Kadang kesempatan ini lewat. Jadi harus dipersiapkan dulu untuk menangkap peluang menjadi PNS,” pungkasnya. (Ully/Red)