Tamu undangan menghadiri kegiatan acara pengawasan pengujian barang dalam keadaan terbungkus (BDKT) di salah satu hotel di Kota Cilegon, Selasa (21/9/2021). Foto : Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon melalui Tim Pengawasan UPT Metrologi Kota Cilegon bakal menggenjot PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari pelayanan tera ulang pengujian dari Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT) yang ada di Kota Cilegon.

Kepala Disperindag Kota Cilegon, Syafrudin mengatakan, berbagai sampel produk yang akan ditarik retribusi dari pelayanan BDKT yaitu, gula, tepung, minyak goreng dan semen. Semua produk tersebut yang berpotensi terhadap peningkatan pendapatan:

“Teknisnya nanti semua produk ini akan diuji ukuran, tinggi, berat apakah sesuai dengan berat yang akan alat ukur dan timbang yang dilakukan oleh petugas kami,” kata Syafrudin usai acara pengawasan pengujiaan BDKT yang dilangsungkan di salah satu hotel di Kota Cilegon, Selasa (21/9/2021).

Baca juga  Walikota Helldy Nilai Bantuan UEP untuk KUBE di 8 Kecamatan Belum Merata

Ia memaparkan, pungutan retribusi BDKT ini telah diatur dalam Undang-undang nomor 2 tahun 1981 tentang Metrolofi Legal, Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia nomor 31 tahun 2011 tentang Barang dalam Keadaan Terbungkus.

“Jadi kami akan berlakukan tarif retribusi BDKT di 2022 mendatang,” paparnya.

Sementara, Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Kota Cilegon, Ema Hermawati selama ini retribusi yang bersumber dari DBKT belum diterapkan di Cilegon dan baru tahun depan akan diterapkan dan diaplikasikan. Pihaknya menargetkan PAD dari pengujian DBKT sebesar Rp 1 miliar per tahun.

“Selama ini kan persepsi kita retribusi pengujian DBKT tidak ada. Ternyata, pas kita cek diaturanya, ternyata bisa ditarik retribusinya. Jadi tahun depan, kita pasang target untuk DBKT senilai Rp 1 miliar. Dan Pak Sekda Cilegon (Maman Mauludin) meminta kami (Disperindag) untuk mencapai target tersebut,” pungkasnya. (Ully/Red)