Pemkot Cilegon memberikan bantuan reward kepada atlet yang bertarung di PON XX Papua, Rabu (15/9/2021). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Sebanyak 25 atlet berprestasi asal Kota Cilegon akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cilegon Teten Hertiaman mengatakan, puluhan atlet mewakili Cilegon dari 10 cabang olah raga. Diantaranya cabor bulu tangkis, dayung, futsal, hoki indor, layar, selam, sepak takraw, karate, taewkondo dan criket.

Para atlet akan berada di Papua pada 20 September hingga Oktober 2021. Saat tiba di sana, atlet tidak bisa keluar sembarangan. Atlet harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan panitia.

“Tak hanya memberangkatkan 25 atlet, para atlet juga akan didampingi oleh 8 pelatih dan 2 manager. Masing-masing cabang olahraga sudah mengikuti pertandingan di Papua. Mengigat masih ada pademi covid-19, para atlet tidak boleh keluar hotel. Makan dan minum untuk atlet di kirim di lokasi karantina para atlet,” kata Teten kepada awak media saat Pelepasan Atlet PON, Rabu (15/9/2021).

Baca juga  Lapas Cilegon Butuh Bantuan Pemkot  Pasarkan Hasil Karya Narapidana

Teten megungkapkan, para atlet dari sejumlah laga nasional dan internasional sebelumnya mampu menunjukkan kemampuan. Pada Asean Games 2018 lalu yang digelar di Palembang, atlet cabor dayung meraih medali emas. Begitu juga pada event PraPon Papua 2019, atlet sepak takraw mampu meraih medali perunggu.

“Saya berharap di PON XX 2021 ini, atlet Cilegon bisa membawa medali emas kembali sehingga bisa membawa nama baik Kota Cilegon dan Provinsi Banten,” ungkapnya

Pihaknya pun berharap seluruh atlet yang mengikuti PON di Papua bisa menunjukan kemampuan maksimal. Dalam laga nanti juga diharapkan tidak ada satupun atlet yang cedera atau sakit.

“Mari sama-sama doakan semoga PON dapat diikuti oleh seluruh atlet yang telah ditetapkan bersama,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua KONI Cilegon, Abdul Salam mengapresiasi kepada para atlet yang berlaga di Papua, Pemkot Cilegon akan memberikan bekal kepada 25 atlet berupa uang tunai sebesar Rp 2,5 juta per atlet.

Baca juga  Begini Tanggapan Walikota Helldy Komentari Pernyataan Iman Ariyadi

“Reward ini sebagai bentuk keperdulian pemerintah untuk atlet kita yang telah berjuang membawa nama baik Cilegon di PON XX di Papua. Kita ingin memacu para atlet agar lebih berkompetisi dan lebih banyak lagi,” ujar Salam.

Dalam pelepasan atlet PON hadir Walikota Cilegon, Helldy Agustian. Orang nomor satu di Cilegon ini melepas langsung para atlet.

Walikota Helldy mengucapkan selamat bertanding kepada para atlet yang bertarung membawa nama baik Cilegon di kancah nasional.

“Ini bukti jika Cilegon memiliki atlet hebat membawa nama baik Cilegon di ajang PON. Untuk reward bagi atlet yang juara, kami sendiri masih belum tahu berapa emas yang dibawa oleh para atlet ke Cilegon. Kalau sudah tahu nanti kami akan berikan. Yang terpenting, kita berikan semangat kepada para atlet yang berjuang membawa nama baik Kota Cilegon,” pungkasnya. (Ully/Red)