Foto Ilustrasi

SERANG, SSC – Enam calon kepala dan wakil kepala daerah yang mengikuti kontestasi Pilkada 2020 di Banten akan mulai cuti saat masuk masa kampanye.

Keenamnya yakni calon Bupati dan Wakil Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa, calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, Irna Narulita-Tanto Arban, calon Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati dan calon Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie.

Calon kepala dan wakil kepala daerah di 4 kota/kabupaten ini akan mulai cuti dari 26 September sampai 5 Desember 2020. Surat pengajuan cuti para calon telah ditanda tangani oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim.

“Untuk cuti kepala daerah, Gubernur yang menandatanganinya. Karena Gubernur sebagai wakil dari Pemerintah Pusat,” ujar Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten, Gunawan Rusminto dikonfirmasi, Jumat (25/9/2020).

Baca juga  Akhir 2020, Perda Penanggulangan Covid-19 di Kota Cilegon Disahkan

Ia menyatakan, para calon yang mendapat cuti wajib mengembalikan fasilitas yang digunakan. Karena selama masa cuti tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas negara.

“Selama itu para calon tidak dapat menggunakan fasilitas daerah,” tuturnya.

Mengenai penanggung jawab sementara di Kabupaten Serang dan Pandeglang, Gubernur Banten telah menugaskan ia sendiri menjabat sebagai Pjs Bupati Pandeglang dan Kepala Badan Kesbangpol, Ade Aryanto sebagai Pjs Bupati Serang.

“Besok di Pendopo Gubernur Banten, KP3B. Sesuai arahan Gubernur, yang melantik Wagub Banten,” tuturnya. (Ronald/Red)