Pemudik Motor dan mobil pribadi dari Pulau Sumatera tiba di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Sabtu (7/5/2022). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Ribuan pemudik motor dari Pulau Sumatera mulai berdatangan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon pada arus balik Lebaran, Sabtu (7/5/2022).

Pantauan Selatsunda.com sekitar pukul 18.20 WIB, pemudik motor terpantau memadati Pelabuhan Merak saat turun dari kapal dari sejumlah dermaga. Selain pemudik motor, pemudik kendaraan pribadi juga terlihat ramai. Begitu juga pejalan kaki mengalir di gangway saat turun dari kapal.

Dari Rekapitulasi Data Harian Posko Mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H PT ASDP Merak pada Kamis (5/5/2022) atau H+2 Lebaran 2022, pemudik motor yang diseberangkan dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak tercatat sebanyak 8.136 unit. Jumlah pemudik motor pada Jumat (6/5/2022) atau H+3 Lebaran meningkat menjadi 11.413 unit.

Baca juga  Komisi IV DPRD CIlegon Ultimatum Tidak Setujui Usulan Anggaran DPUTR Jika Penyerapan Masih Rendah

Untuk pemudik kendaraan mobil pribadi pada H+2 Lebaran tercatat telah diseberangkan 15.411 unit. Jumlah pada H+3 Lebaran juga meningkat tercatat sebanyak 18.863 unit.

Penumpang baik penumpang pejalan kaki dan penumpang di dalam kendaraan juga tercatat meningkat. Pada H+2 Lebaran, jumlah penumpang tercatat sebanyak 111.214 orang. Pada H+3 Lebaran, jumlah penumpang meningkat menjadi 142.377 orang.

Salah seorang pemudik motor, Hendra mengaku, perjalanan dari kampung halamannya di Bandar Lampung menuju Pelabuhan Bakauheni berjalan lancar tanpa hambatan. Ia mengaku sebelum melanjutkan perjalanan ke Bogor hendak silaturahmi ke rumah keluarga di Kota Cilegon.

“Perjalanan dari Lampung, lancar. Ini sekarang mau mampir ke rumah saudara dulu di Cilegon sebelum ke Bogor,” ujar Hendra ditemui saat berhenti sesaat di pintu keluar Pelabuhan Merak.

Baca juga  Sekda Cilegon Instruksikan OPD Tindaklanjuti Temuan BPK

Hendra setelah seminggu berlebaran di Lampung mengaku kembali ke Pulau Jawa hari ini karena pekan depan pada Senin, (9/5/2022) sudah mulai masuk kerja.

“Besok dari Cilegon langsung ke Bogor karena Senin sudah masuk kerja,” ungkapnya.

Ia berharap perjalanannya nanti ke Bogor bisa lancar sama seperti perjalanannya sebelumnya.

“Mudah-mudahan lancar kayak tadi di Sumatera,” harapnya. (Ronald/Red)