Walikota Cilegon Helldy Agustian melantik ratusan pejabat eselon III dan IV di Lingkup Pemkot Cilegon, Senin (15/1/2024). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Walikota Cilegon merombak sebanyak 392 pejabat mulai dari eselon III dan IV di Lingkup Pemkot Cilegon, pagi tadi. Pejabat yang dilantik ini terdiri dari jabatan administrator, pengawas dan fungsional menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan, mutasi dan rotasi ini adalah hal biasa di sebuah pemerintahan guna memberikan penyegaran di OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Mutasi rotasi ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil. Sebagai tindak lanjut dari undang-undang aparatur sipil negara, sekaligus sebagai komitmen untuk penyelenggaraan manajemen ASN berbasis Merit.

“Selaku penjabat pembina kepegawaian atau PPK, saya mempunyai kewenangan untuk menetapkan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pegawai aparatur sipil negara dan pembinaan manajemen asn di instansi pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Helldy kepada awak media usai apel bersama mutasi rotasi, Senin (15/1/2024).

Baca juga  Seleksi Calon Paskibraka Cilegon 2024 Dijamin Tak Ada Titipan

Helldy merinci, 392 pejabat yang di mutasi rotasi ini, terdiri dari jabatan Administrator sebanyak 66 orang dan jabatan Pengawas sebanyak 233 orang. Sedangkan jabatan Fungsional terdiri dari jabatan Pengawas Sekolah sebanyak 14 orang, pejabat Pengadaan Barang dan Jasa 1 orang, Auditor 1 orang, Analis SDM Aparatur 5 orang.

Kemudian Pranata SDM Aparatur 2 orang, Pranata Hubungan Masyarakat 2 orang dan Perencana 3 orang. Selain itu juga dilantik Kepala Sekolah sebanyak 61 orang dan Kepala UPTD Puskesmas 4 orang.

Orang nomor satu di Cilegon, juga mengingatkan kepada para ASN Cilegon, untuk bersikap netral jelang Pemilu 2024.

Di mana, ASN harus netral dan harus mampu menjadi contoh bagi masyarakatnya.

Baca juga  PDAM Kota Cilegon Targetkan Tekan Kebocoran  Hingga Dibawah 20 Persen di 2024

“Saya ingatkan kepada seluruh ASN untuk tidak terlibat di dalam politik praktis, ASN harus bersikap netral, tapi ASN harus paham tentang politik sebagai warga negara,” imbaunya. (Ully/Red)