SURABAYA, SSC – Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia (BI) Banten berhasil memboyong berbagai penghargaan pada penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Jawa 2023. Pada event yang diselenggarakan pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 ini, KPw BI Banten meraih lima penghargaan.

Penghargaan yang berhasil diboyong oleh Bank Indonesia Banten, yakni, achievement pada 3 (tiga) kategori lomba yaitu: Juara 2 (Favorit) Wirausaha Muda Syariah Kategori Hulu (Gapoktan Padi Sukabungah Kab. Lebak), Juara 2 Modest Young Designer Competition road to IN2MOTION Kategori PonPes (Pondok Pesantren Rodhotul Huda Kab. Pandeglang). Kemudian BI Banten juga mendapat Juara 3 Modest Young Designer Competition road to IN2MOTION Kategori UMKM (Dewi Sambi Kota Tangerang), Juara Favorit 1 Dakwah Eksyar antar Pesantren (PonPes Al Iman Kab. Pandeglang), dan Juara Favorit 2 Dakwah Eksyar antar Pesantren (PonPes Daar El Qolaam Kab. Tangerang).

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung menyampaikan pentingnya sinergi para pemangku kepentingan dalam menghadapi berbagai tantangan pengembangan eksyar ke depan. Untuk itu, terdapat empat strategi kunci pengembangan Eksyar Bank Indonesia, diantaranya mendorong terbentuknya ekosistem produk halal secara end-to-end.

“Pengembangan inovasi kebijakan dan instrumen pasar keuangan syariah, penguatan halal lifestyle, dan penguatan peran teknologi digital,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/10/2023).

Sementara itu, Gubernur Provinsi Jawa Timur yang diwakilkan oleh Wakil Gubernur, Emil Elistianto Dardak juga menekankan pentingnya strategi untuk memotivasi pengembangan ekonomi syariah di Jawa yaitu melalui peningkatan compliance atau sertifikasi halal sebagai ikhtiar untuk meningkatkan berkah usaha dan pentingnya membangun ekonomi keumatan melalui pelaku ekonomi di sektor pesantren.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Saya berharap, agae seluruh pelaku usaha untuk terus berupaya di kancah global,” harapnya.

Perlu diketahui, dalam kegiatan ini, Provinsi Banten turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Fesyar Jawa dengan mengirimkan 13 UMKM dan Pondok Pesantren binaan KPw Bank Indonesia Prov Banten yang telah lolos seleksi lebih dari 200 UMKM. Ke-13 UMKM tersebut diantaranya yang merupakan UMKM unggulan dari 8 kabupaten/kota, yaitu Dewi Sambi, Rhamala Hijab, Aramara Fashion, Ageman Ecoprint, Kaywood, Mitra Mandala, Prospero, Tawoon Banten Coffee Gn Karang, Cokelatin, Sanfood, PonPes Al Iman, dan PonPes Al-Furqon. (Ully/Red)