Belasan seniman melukis Mural di dinding Jembatan Layang Cibeber, Kota Cilegon, Belum lama ini. Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Belasan seniman mengekspresikan seni lewat melukis Mural di dinding Jembatan Layang Cibeber, Kota Cilegon. Mural di dinding jembatan layang dekat Pusat Pelatihan Klinik Primer (P2KP) Cilegon ini diekspresikan untuk mempercantik kota.

Salah satu pelukis yang tergabung dalam wadah Scenery House Muzai Sofyan mengatakan, kegiatan melukis mural dijadikan wadah untuk menyatukan dan merangkul para pelukis Kota Cilegon. Selama ini, wadah untuk para pelukis belum mendapat perhatian dari pemerintah.

“Kegiatan ini merangkul seluruh pelaku seni yang berada di Kota Cilegon dalam wadah Scenery House. Kami sebenarnya saat ini mengeluhkan wadah sih, di beberapa tempat kami hanya menggambar di tempat yang sama dengan menindih gambar sebelumnya,” kata Muzai Sofyan, Minggu (19/9/2021).

Baca juga  Laka di Tanjakan Maut JLS Kembali Terjadi, Truk Pengangkut Air Mineral Terguling

Ia menyatakan, pada dasarnya mural adalah seni melukis di dinding. Dalam kegiatan itu, mural yang dilukis di dinding jembatan layang untuk mempercantik kota.

“Sebenarnya tujuan dari ini sih untuk memperindah aja,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu, kata Muzai, ia bersama rekan-rekannya sudah mendapat izin dari pemerintah setempat. Oleh karena itu tidak mungkin mural yang dilukis akan dihapus.

“Ada tiga tempat yang awalnya kami rembug, tetap karena di sini sudah mendapat izin akhirnya kami pilih di sini,” kata Muzai.

Ia memaparkan, para seniman telah mulai mewarnai tembok di Cilegon sejak 2017 lalu.
Mural yang dilukis sudah ratusan banyaknya. Ia mengaku sampai saat ini belum ada satupun mural yang dihapus. Karena karya mural pelukis Cilegon lebih banyak untuk mempercantik kota bukan kritik sosial.

Baca juga  Tingkatkan Herd Immunity di Cilegon, NS Bluescope dan PMI Gelar Serbuan Vaksinasi

“Kalau kami sih cari aman saja lah jadi kalau di sini sih murni karya saja untuk kreatifitas sepenuhnya,” pungkasnya. (Ully/Red)