Bakal Calon Wakil Walikota Cilegon dari Partai Gerindra, Sokhidin. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon resmi memberhentikan Sokhidin dari jabatan Wakil Ketua I. Politisi Partai Gerindra itu diberhentikan karena maju sebagai calon wakil walikota mendampingi Calon Walikota, Ratu Ati Marliati pada kontestasi Pilkada Cilegon.

Ketua DPRD Cilegon Endang Effendi mengatakan, Sokhidin akan resmi diberhentikan lewat rapat paripurna yang akan digelar pada Jumat (2/9/2020), Besok. Legislatif setelah pemberhentian di paripurnakan selanjutnya akan mengirim surat ke Gubernur Banten, Wahidin Halim meminta persetujuan melalui Walikota Cilegon Edi Ariadi.

“Secara tata tertib pemberhetian harus di paripurnakan. Sehingga dari paripuna langsung dikirimkan hasilnya Walikota Cilegon, Edi Ariadi sehingga dari walikota mengirimkan ke Pak Gubernut Banten, Wahidin Halim untuk disetujui,” kata Endang kepada awak media ditemui di usai rapat paripurna DPRD Cilegon,” Kamis (1/10/2020).

Baca juga  Satu Pegawai Disnaker Cilegon Terkonfirmasi Corona

Lebih lanjut, kata Endang, usai paripurna pemberhentian Sokhidin, total anggota DPRD Cilegon sebanyak 39 anggota dewan.

“Sebelum pemberhentian total anggota dewan ada 40 orang, dengan paripurna ini total keseluruhan anggota dewan sebanyak 39 orang,” lanjut Endang.

Jika sudah keluar surat persetujuan dari Gubernur Banten, kata dia, DPRD kembali menggelar dua sidang paripurna, untuk mengangkat anggota baru dan mengambil sumpah janjinya.

“Secara yuridis hukum, pemberhentian itu setelah di paripurnakan. Nanti ada dua paripurna kedepannya, satu paripurna pengangkatan anggota DPRD, kedua paripurna pengambilan sumpah janji pimpinan,” terangnya.

Pihaknya berjanji akan mengurus pemberhentian, pengangkatan dan pengambilan sumpah anggota baru. Berikut pemilihan wakil pimpinan DPRD Cilegon dari Gerindra, pengganti Sokhidin.

Baca juga  Pasien Corona Meningkat, Pemkab Serang Distribusian Ribuan APD ke 29 Kecamatan dan 31 Puskesmas

“Apalagi untuk pilkada, secepatnya kita lakukan,” jelasnya. (Ully/Red)