SERANG, SSC – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten mencatat sejak dibukanya penukaran uang pecahan di kas keliling selama 3 pekan saat Ramadhan sudah mencapai Rp 19 miliar dari kendaraan Kas Keliling.

Kepala KPw Bank Indonesia (BI) Banten, Ameriza M Moesa mengatakan, animo masyarakat Banten untuk menukarkan uang pecahan baru di momen Lebaran 2024 cukup tinggi. Dari kas keliling saja, selama 3 minggu ini sudah terealisasi sebesar Rp 19 miliar. Rata-rata kegiatan kas keliling mencapai Rp 2,5 miliar hingga Rp 3 miliar.

“Aninonya cukup besar untuk menukarkan uang pecahan baru,” kata Ameriza M Moesa kepada awak media usai acara Gerabah (Gerakan Ramadhan Berkah) Bank Indonesia Banten 2024 yang digelar di Pendopo Bupati Serang, Jumat (5/4/2024).

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Ameriza menambahkan, untuk penukaran uang baru di Lebaran ini, BI Banten menyiapkan Rp 4,5 triliun. Untuk di kegiatan Gerabah 2024, BI Banten menyiapkan Rp 2,5 miliar. Adapun peminat penukaran uang paling didominasi pecahan Rp 5.000.

“Untuk hari ini, Jumat (5/4/2024) masyarakat yang sudah mendaftar di website pintar.bi.co.id. sudah mencapai 400 orang. Pada penukaran uang ini kami bekerjasama dengan 8 perbankan untuk bisa melayani masyarakat yang ingin menukarkan uangnya untuk kebutuhan lebaran,” tambahnya.

Dalam hal ini, Ameriza M Moesa  berpesan agar masyarakat bisa lebih bijak dalam menggunakan uang. Tak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk tidak belanja secara berlebihan agar tidak menyebabkan inflasi.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Kita inginkan semua masyarakat di Banten bisa menggunakan penukaran yang baru ini di perbankan-perbankan dan dan kas keliling yang disiapkan oleh BI,” pungkasnya. (Ully/Red)