Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati melakukan penyemprotan disenfektan ke Pasar Kranggot, Kota Cilegon," Selasa (24/3/2020). Foto Elfrida Ully Artha/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kota Cilegon dihujani ribuan liter cairan disinfektan untuk mencegah wabah virus corona di sejumlah titik lokasi tempat-tempat umum.

Informasi diterima Selatsunda.com, titik-titik penyemprotan disenfektan yakni, Taman Al Hadid, Landmark Kota Cilegon, Taman Layak Anak, Alun-Alun Cilegon, Pasar, Jalan Protokol, Terminal dan Rumah Sakit.

Ketua PMI Kota Cilegon Abdul Hakim Lubis mengatakan, untuk hari ini beberapa titik di Kota Cilegon telah dihujani disenfektan. Penyemprotan ini dilakukan untuk memberikan ketenangan kepada warga Cilegon terhadap virus covid-19 yang telah menelan korban meninggal dunia.

“Untuk penyemprotan ini sendiri, kita sasar ke beberapa ruang publik yang ada di Kota Cilegon. Pada penyemprotan ini, kami tidak batasan siapapun bisa meminta cairan ini. Prinsipnya, habis ambil lagi habis ambil lagi,” kata Lubis kepada Selatsunda.com,” Selasa (24/3/2020).

Disinggung tentang jumlah kekurangan cairan disenfektan, menurut Mantan Sekda Cilegon ini, jika pihaknya tidak bisa memperkirakan berapa jumlah kekurangan atau yang dibutuhkan Kota Cilegon untuk cairan disenfektan ini.

“Kita enggak bisa perkirakan berapa kekurangan disenfektan untuk Cilegon. Mengingat luas wilayah dan tempat umum di Cilegon yang cukup besar. Yang terpenting, semua pihak baik OPD maupun industri dapat membantu pemerintah dalam kondisi ini,” ujarnya.

Ia mengajak semua pihak untuk berperan aktif untuk mencegah agar kondisi ini tidak berkembang menjadi wabah dengan mengurangi aktifitas di luar rumah.

“Semua sumber daya saat ini diarahkan untuk penanganan virus corona, kami harap masyarakat mendukung upaya pemerintah ini dengan seminimal mungkin beraktivitas di luar rumah,” katanya.

Untuk diketahui, cairan produk pel dan cairan produk pemutih baju yang bisa didapatkan di warung-warung tradisional maupun minimarket ini mengandung zat kimia Natrium Hipoklorit (NaClO) yang bisa gunakan sebagai bahan campuran Desinfektan. Adapun perbandingannya adalah 3 mililiter Natrium Hipoklorit dicampur dengan 100 mililiter air bersih. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here