Foto Ilustrasi (Sumber: health.detik.com)

SERANG, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang rencananya akan mendapatkan jatah vaksin Covid-19 dari Pemerintah Pusat. Rencana tersebut disambut baik oleh Pemkot Serang dengan mulai mengelompokan penerima vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Serang, M Ikbal mengatakan, salah satu kelompok yang diprioritaskan sebagai penerima vaksin adalah tenaga medis. Kemudian penerima lain idealnya masyarakat yang berusia 16 tahun hingga 59 tahun.

“Sasarannya tenaga medis dan beberapa kelompok tertentu seperti media salah satunya. Jadi bertahap saat memberikan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (27/10/2020).

Meski telah mengelompokkan, pihaknya hingga saat ini belum mengetahui berapa jumlah vaksin yang akan diterima. Ia berharap agar selurub masyarakat Serang bisa mendapatkan vaksin.

Baca juga  Pemkot Cilegon Cicil Rp 30 Miliar Beli Lahan Milik PT KS

“Karena bantuan vaksin ini berasal dari pusat, tentu bukan menggunakan APBD. Tinggal bagaimana kita mengatur tenaga kita untuk memberikan vaksin kepada masyarakat,” imbuhnya.

Pihaknya mengingatkan agar masyarakat tidak menunggu vaksin untuk menangkal Covid-19. Tetapi yang terpenting tetap menerapkan protokol kesehatan. Dalam artian, imunitas tubuh tetap dijaga sebab vaksin belum diketahui kapan akan terealisasi.

“Karena ada vaksin berharap pencengahnya dengan vaksin, justru yang paling tepat dengan 4M, jika keluar menggunakan masker, mencuci tangan, memakai masker, dan menghindari kerumunan,”tandasnya. (SSC-03/Red)