Foto Ilustrasi (Sumber: Borobudurnews.com)

CILEGON, SSC – Seorang pekerja asing dari Kapal MV Asian Champion tewas saat sandar di Jetty Pabrik PT Asahimas Chemical, Kota Cilegon. Pekerja asing yang diketahui bernama Thang Zhiming (23) tewas diduga akibat laka kerja saat diatas kapal.

Informasi yang dihimpun Selatsunda.com, kejadian terjadi pada Senin, (13/4/2021) sekitar pukul 08.00 WIB. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten, Sedya Dwisangka mengatakan, pihaknya baru mendapat kabar kru kapal tewas dari agen kapal sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah sebelumnya dilaporkan meninggal sekitar pukul 08.00 WIB. Dari informasi yang diterima, kata dia, korban tewas diduga mengalami kecelakaan kerja.

“Kita dapat informasi dari agen jam 10.00, kejadian jam 08.00. Itu katanya saat kapal sandar di Asahimas karena kena crane. Itu terkena benturan. Kita dapat laporan dari  kapten kapal melalui agen,” ujarnya di konfirmasi, Kamis (15/4/2021).

Ia menyatakan, kru kapal pasca tewas langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat oleh pihak Asahimas Chemical. Kasus tersebut kemudian diserahkan kepada pihak Polres Cilegon.

“Kondisi kru itu saat kita datang sudah meninggal di rumah sakit. Hari itu juga, kita investigasi, tim kami dengan tim dari kepolisian,” tuturnya.

Sementara, Humas Manajer PT Asahimas Chemical Rofi Khalatif membenarkan kejadian tersebut. Ia membantah pekerja asing tersebut tewas saat bongkar muat di jetty perusahaan. Korban kata dia dilaporkan meninggal saat diatas kapal.

“Itu bukan laka kerja di Asahimas. Itu kecelakaan di kapal. Saat mendapat informasi, kita langsung membantu evakuasi ke rumah sakit, dengan ambulan kita,” paparnya.

Penanganan kasus tewasnya pekerja asing tersebut, kata dia sudah langsung ditangani oleh Polres Cilegon.

“Itu datang dari KSKP Banten, Polres, Inavis lengkap semua. Yang mengurus semua Polres,” terangnya.

Hingga saat ini, Kasat Reskrim Polres Cilegon, AKP Arief N belum dapat dikonfirmasi soal kasus tersebut. Pesan pendek masih belum direspon. (Ronald/Red)