SERANG, SSC – Badan SAR Nasional memperpanjang hari pencarian korban yang masih belum ditemukan pasca Tsunami Selat Sunda. Pencarian korban ini diperpanjang selama tiga hari mulai Sabtu, 29 Desember, hari ini hingga Senin, 31 Desember 2018.

“Untuk perpanjangan sendiri dalam evakuasi pencarian san pertolongan korban, arahan dari SAR Koordinator dan Kepala Basarnas, diperpanjang terhitung mulai hari ini sampai 31 Desember,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Banten, Zainal Arifin di konfirmasi, Sabtu (29/12/2018).

Terkait konsentrasi pencarian dalam masa perpanjangan ini, kata Zainal, Basarnas Banten akan fokus pada pencarian di tiga titik area. Area sektor pertama di Kecamatan Anyer, Cinangka termasuk Pulau Sanghyang. Sementara sektor kedua di Labuan dan Tanjung Lesung serta sektor ketiga di Kecamatan Sumur.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Di Pulau Sanghyang ada info, kalau ada 1 orang hilang belum ditemukan tetapi hari ini 1 orang yang hilang itu sudah ditemukan dan dikebumikan. Sementara untuk area Labuan hingga Tanjung Lesung, masih ada 4 orang hilang yang menjadi target operasi tim gabungan. Begitu juga di Kecamatan Sumur, ada 4 orang hilang dalam target operasi kami,” paparnya.

Secara teknis, lanjutnya, upaya pencarian korban yang hilang oleh personel di lokasi saat ini tidak terdapat kendala. Hanya saja pengaruh seperti cuaca dan faktor keamanan menjadi antensi pihaknya untuk diperhatikan para personel di lokasi. Pencarian saat ini, kata dia, dilakukan dengan menyisir tepi pantai di tiga sektor tersebut. Karena korban yang hilang diperkirakan hanyut atau terbawa ombak pasca Tsunami pada Sabtu, 22 Desember 2018 lalu.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Pencarian kita akan menyusuri tepi-tepi pantai, karena kesulitan kita, ini adalah korban itu hanyut atau terbawa ombak saat kejadian itu. Untuk sektor darat sendiri, ini sudah kita coba sapu bersih dan dinyatakan clear area di sisi daratnya sehingga kita saat ini sisir di tepi pantai,” tandasnya. (Ronald/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini