CILEGON, SSC – Tiga partai politik di Kota Cilegon yakni Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal bertemu. Pertemuan itu membahas perkembangan politik yang terjadi saat ini Kota Cilegon jelang Pilkada 2024.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Cilegon, Hasbi Sidik mengatakan, pertemuan yang akan digelar tidak lepas dari tindak lanjut beberapa perkembangan politik yang terjadi belakangan. Perkembangan itu terkait pertemuan Partai Gerindra dengan sejumlah partai baik Nasdem, PAN, PKS, PPP, PSI dan PKB yang membentuk Koalisi Banten Maju untuk mendukung Andra Soni dan Dimyati Natakusumah, sebagai Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten di Kota Tangerang Selatan pada Minggu, 30 Juni 2024 lalu.

Pertemuan itu juga merupakan pertemuan bakal calon Kepala Daerah se-Provinsi Banten dari Partai Gerindra. Di mana pada acara tersebut Walikota Cilegon Petahana dari Gerindra, Helldy Agustian mengenalkan Bakal Calon Walikota dari PAN, Alawi Mahmud.

Diketahui pada kegiatan tersebut, DPP Gerindra mengharapkan Koalisi Banten maju dapat linier dengan Pilkada di kota/kabupaten di Banten. Mengenai hal itu, Hasbi menyatakan, prinsipnya apa yang telah di komunikasikan DPP Gerindra akan ditindak lanjuti DPC Gerindra Cilegon. Seperti hadirnya Helldy dan Alawi yang disandingkan pada pertemuan tersebut akan dikonsolidasikan dengan parpol yang ada di Koalisi Banten Maju.

Baca juga  Isro Miraj Buka Suara Pindah Partai untuk Maju di Pilkada Cilegon 2024

“Intinya apa yang sudah dikomunikasikan DPP ditindak lanjuti apa yang sudah menjadi keputusan. Itu kan sudah dilihat, artinya Pak Helldy dan Pak Alawi. Itu yang akan kita komunikasikan seluruh partai koalisi kita. Sambil pada waktunya masing-masing SK turun,” ungkap Hasbi, Kamis (4/7/2024).

“Karena yang jelas, sudah di tonton banyak orang, itu diundangnya Pak Alawi dan Pak Helldy sebagai bentuk berpasangan,” sambung Hasbi.

Hasbi yang juga Wakil Ketua DPRD Cilegon menerangkan, bersamaan dengan pertemuan tersebut tepatnya di Kota Cilegon, Petahana Helldy juga mendapat surat rekomendasi dari DPP PKB untuk maju menjadi Bakal Calon Kepala Daerah Kota Cilegon.

Hasbi menjelaskan, dua peristiwa politik itu tentu akan dikonsolidasikan Gerindra dengan PAN dan PKB. Untuk menyatukan koalisi, Gerindra akan segera bertemu dengan PAN dan PKB.

“Yang sudah mendeklarasikan kan PKB sudah mau dengan kita, tentu, PAN juga sinyal sudah kuat dengan (Alawi) ditampilkan. Saya kira untuk yang pertama kita akan komunikasi tiga partai itu bagaimana untuk tindak lanjut, program-program Pilkada ini bisa terlaksana,” paparnya.

Sementara, Ketua DPC PKB Cilegon, Sanudin membenarkan akan ada rencana pertemuan tiga partai baik PKB, Gerindra dengan PAN.

“Tadi itu ada yang menghubungi saya dari PAN dan Gerindra juga. Memang mengajak kumpul. Tetapi yang jelas, kalau DPP sudah ngomong kita DPC harus patuh. Tinggal nanti mem-branding-nya seperti apa, tiga partai itu (memutuskan),” ucapnya.

Baca juga  Petahana Helldy Nilai Pasangan Isro-Uyun Merupakan Pesaing di Pilkada Cilegon

Mengenai Helldy yang disandingkan dengan Alawi saat pertemuan di Tangsel, PKB menghormati hal itu. Menurutnya, Helldy hadir sebagai bakal calon walikota dari Gerindra dan Alawi juga bakal calon walikota hadir karena PAN merupakan bagian dari Koalisi Banten Maju. Meskipun saat itu Helldy-Alawi tampak disandingkan, namun Sanudin enggan berkomentar lebih jauh. Keputusan diserahkan kepada Helldy yang nanti pada akhirnya ditetapkan berdasarkan rekomendasi dari DPP.

“Saya sebagai Ketua tidak mau cepat ngomong, karena kan masih dinamis. Seperti sepakbola lah, ada injured time-nya. Tetapi yang jelas, kita di daerah patuh dengan pusat,” terangnya.

Sementara, Juru Bicara Tim Pemenangan Bakal Calon Walikota Cilegon, Alawi Mahmud, Rahmatullah mengatakan, dengan perkembangan terbaru duet Helldy-Alawi semakin menunjukan koalisi PAN dan Gerindra semakin menguat. Pihaknya berharap, pada pekan ini atau pekan depan, SK Rekomendasi Helldy-Alawi berpasangan dapat turun dari DPP.

“Semoga minggu ini atau minggu depan kita sedang menunggu surat resmi atau SK turun,” ucapnya.

Anggota DPRD Cilegon Terpilih ini yang juga menjabat Wakil Ketua Tim Pemenangan Alawi Mahmud menyatakan, DPD PAN telah mempersiapkan tim pemenangan.

“Kami sudah mempersiapkan kerja kerja tim yang akan dilakukan untuk memenangkan dan menghantarkan pasangan Heldy Alawi,” pungkasnya. (Ronald/Red)