Pengunjung memadati salah satu obyek wisata pantai di Kabupaten Pandeglang, Rabu (4/5/2022 ). Foto Istimewa

SERANG, SSC – Pada hari ketiga Lebaran, sedikitnya 250 ribu orang wisatawan mengunjungi lokasi wisata terbuka di Provinsi Banten.

Ketua Umum Balawista Banten Ade Ervin menerangkan, ratusan ribu wisatawan tersebut berlibur di lokasi-lokasi wisata terbuka seperti pantai, kolam renang, water bom. Mereka datang dari berbagai daerah diantaranya dari Tangerang, Lebak dan daerah lainnya. Ia menyatakan, jumlah wisatawan pada hari ketiga Lebaran lebih tinggi dari hari sebelumnya yang hanya mencapai 130 ribu orang.

“Itu belum termasuk dengan lokasi wisata seperti hotel, penginapan dan wisata religi,” kata Ervin saat memantau pengamanan di Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, Rabu (4/5/2022).

Pihaknya menargetkan sebanyak 1,2 juta wisatawan akan berkunjung ke lokasi wisata terbuka di Banten.

Baca juga  Walikota Helldy Nyatakan Rotasi Mutasi Diundur, Ini Pertimbangannya

“Sejak hari H Idul Fitri hingga H+2 saja sudah hampir 500 ribu pengunjung, jadi jika sampai akhir pekan bukan hal yang mustahil target 1,2 juta pengunjung tercapai. Dan hal ini akan menguntungkan bagi masyarakat pelaku wisata di Banten ini, ” ujar Ervin.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi menjelaskan, bahwa masyarakat tidak usah ragu dan khawatir berwisata ke Banten. Sebab pihaknya sudah menurunkan 200 petugas penyelamat saat liburan Idul Fitri 2022 ini.

“Masyarakat tidak usah khawatir, kita sudah menurunkan 200 petugas penyelamat yang tersebar di seluruh Banten. Meski demikian, wisatawan harap mengikuti aturan dan arahan petugas kami supaya berlibur dengan tenang,” katanya.

Baca juga  Komisi IV DPRD CIlegon Ultimatum Tidak Setujui Usulan Anggaran DPUTR Jika Penyerapan Masih Rendah

Selain menurunkan petugas di lokasi wisata, juga Balawista dipercaya untuk memasang dan memantau alat deteksi dini tsunami di empat titik sekitar gunung Anak Krakatau.

“Jadi pemasangan alat ini semakin memberi rasa nyaman kepada wisatawan yang berkunjung ke Banten, ” tukasnya. (Rizal/Red)