CILEGON, SSC Wali Kota Cilegon Helldy Agustian membuka Focus Group Discussion (FGD) Identifikasi Potensi Kemitraan Industri Kecil Menengah (IKM) Logam dengan Industri Besar yang digelar Kementerian Perindustrian (Kemenperin), di The Royale Krakatau Hotel Cilegon.

Dalam kesempatan itu Helldy mengatakan bahwa saat ini perhatian Pemkot Cilegon tengah fokus pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yakni bagaimana meningkatkan derajat hidup masyarakat melalui pendidikan dan kesehatan.

“Melalui berbagai pendampingan dan pelatihan, kami siap membantu merumuskan kebijakan terkait pengembangan IKM Logam di Kota cilegon. Keudian mempersiapkan bagaimana IKM berdaya saing dari sisi bahan baku sampai dengan pemasaran, serta memperkenalkan dan mempertemukan IKM logam yang bergerak di bidang pekerjaan logam,” ungkapnya, Senin (31/7/2023).

Dia juga menilai, pentingnya pemberdayaan IKM sesuai Undang-undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian dan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri.

“Kami Pemerintah Kota Cilegon sangat mensupport ide-ide kreatif yang dimiliki masyarakat karena berkat ide-ide kreatif tersebut masyarakat dapat berkembang dan berkolaborasi dengan kalangan industri besar untuk membangun Kota Cilegon,” katanya.

Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin Elektronika dan Alat Angkut Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, Dini Hanggandari mengatakan bahwa untuk mendukung IKM maju, salah satunya adalah menjalankan program kemitraan yang sesuai dengan program Pemkot Cilegon.

“Jadi kami berterima kasih karena Pemerintah Kota Cilegon sudah mendukung dan sangat membantu program kemitraan ini. Saya berharap ke depannya di Kota Cilegon terdapat sentra IKM untuk menampumg semua IKM yang ada di Kota Cilegon,” harapnya.

Acara ini dihadiri oleh 40 orang peserta yang berasal dari IKM Cilegon. Adapun yang hadir sebagai narasumber antara lain Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon; Direktur Utama PT. Krakatau Niaga Indonesia; Plt Manager Community Development PT. Krakatau Steel Persero Tbk; Sales Project Manager PT. Krakatau Baja Konstruksi; Super Intendes PT. Krakatau Jasa Industri; Plan Manager PT. Multifabrindo Gemilang, serta General Affair dan Legal PT. Karunia Berka Indonesia. (Adv)