Suasana kapal saat sandar dan labuh di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten meminta kepada seluruh perusahaan pelayaran di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon untuk menyiapkan ruangan isolasi diatas kapal bagi penumpang. Penyediaan ruang isolasi diatas kapal jelang angkutan Idul Adha sebagai upaya dalam menekan penyebaran Covid-19.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Nurhadi mengatakan, penyediaan ruang isolasi tersebut mengacu pada Surat Edaran Nomor 11 tahun 2020 tentang pedoman dan petunjuk teknis penyelenggaraan transportasi darat pada masa adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam aturan tersebut selain menyediakan ruang isolasi, operator kapal juga harus melakukan cek suhu tubuh penumpang.

“Bagi penumpang yang memiliki cek subuh tubuh di atas 37,5 derajat atau terindikasi terpapar covid-19, maka harus masuk ruangan isolasi yang sudah disiapkan khusus di dalam kapal,” kata Nurhadi kepada Selatsunda.com di temui di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Kamis (29/7/2020).

Ia menyatakan, bilamana terdapat penumpang yang terindikasi Covid-19 maka akan langsung ditindaklanjuti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten dengan membawa penumpang ke rumah sakit terdekat.

“Penumpang di atas 37,5 derajat sementara di ruang isolasi diatas kapal, ruang kesehatan itu yang digunakan untuk mengisolasi sementara penumpang sampai turun,” paparnya. (Ully/Red)