Managemen PT Indorama Petrochemical bersama Ketua TP PKK Kota Cilegon Hany Seviatri memanen berbagai hasil pertanian bersama KWT di wilayah, Ciwandan, Kota Cilegon pada Sabtu, 8 Juli 2023. Foro Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – PT Indorama Petrochemical terus mendukung pemberdayaan masyarakat. Salah satu yang ditunjukkan oleh perusahaan kimia di Kota Cilegon ini dengan memberikan dukungan untuk para petani wanita dengan mengelola hasil pertanian di Lingkungan Rombongan RT 01 RW 01, Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

Tak hanya memberikan dukungan lahan, PT Indorama Petrochemical juga membantu para ibu-ibu petani untuk memasarkan hasil pertanianya ke wilayah Cilegon. Seperti hasil pertanian yang berhasil dihasilkan oleh ibu-ibu ini, seperti, cabai, tomat, kangkung, bayam dan terong.

Selain melakukan pemberdayaan terhadap KWT Rombongan, PT Indorama Petrochemical juga melakukan pemberdayaan KWT di Lingkungan Serang Ilir, Kelurahan Randakari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

General Manager PT Indorama Petrochemical Malim Hander Joni mengungkapkan, pembentukan KWT yang dipelopori perusahaannya sebagai bentuk pemanfaatan lingkungan ditengah himpitan industri.

“Kampung kita ini-kan industri, kita membuktikan bahwa di sela-sela keringnya industri ada yang bisa hijau di sini,” kata Jhoni, Sabtu (8/7/2023).

Meskipun lahan yang digunakan milik warga, lanjut Joni, namun PT Indorama Petrochemical yang mempelopori KWT ini bertanggungjawab terhadap pengembangannya.

“Yang ada saat ini, itu kita siapkan dari Indorama. Makanya kita ingin menyerahkan secara seluruhnya kepada KWT karena kami melihat ini sudah siap,” terangnya.

Kata Jhoni, Cilegon yang memiliki banyak industri, pastinya masih banyak lahan yang bisa digunakan sebagai lahan pertanian.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Persiapan lahan kita siapkan bersama masyarakat, penanaman, penyiapan bibit, kita siapkan. Hasil panen bisa menambah kas KWT,” ujar Jhoni.

Senada dengan Jhoni, Ketua TP PKK Kota Cilegon Hany Seviatri  mengucapkan terima kasih kepada pihak industri terutama bagi PT Indorama Petrochemical yang telah mendukung pemberdayaan masyarakat khsusunya para ibu-ibu tani di wilayah Ciwandan.

“Selama ini sudah dilakukan pembinaan kurang lebih 3 bulan terhadap KWT. Dalam waktu 3 bulan hasilnya sudah lumayan,” jelasnya.

Istri Walikota Cilegon ini, berharap, dengan keberadaan KWT tersebut, tentu mampu berdampak positif terhadap peningkatan pemberdayaan dan perekonomian masyarakat.

“Di Cilegon ada 84 KWT, di Ciwandan ada 24 KWT,” terangnya. (Ully/Red)