Suasana Kantor PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM), Kelurahan Grogol, Kota Cilegon, Belum lama ini. (Foto Ronald/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Inspektorat Kota Cilegon akan melakukan audit terhadap PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) kaitan keterlibatan Koperasi Pegawai dari BUMD Kota Cilegon itu dalam pengadaan barang dan jasa.

Inspektur Pembantu IV pada Inspektorat Kota Cilegon Didin S Maulana mengatakan, audit dilakukan menindak lanjuti hasil monitoring Inspektorat tahun 2020 lalu. Rekomendasi monitoring, kata Didin, telah disampaikan namun sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya.

“Itu hasil monitoring di 2020, kalau belum ditindaklanjuti, kami akan lakukan audit dengan tujuan tertentu,” ujar Didin dikonfirmasi, Kamis (18/11/2021).

Audit itu, kata Didin, akan difokuskan pada pengadaan barang dan jasa di PCM yang melibatkan Koperasi Pegawai. Karena dari rekomendasi tahun lalu terdapat dugaan PCM menyalahgunakan koperasi dalam pengadaan barang dan jasa senilai Rp 2 miliar.

Baca juga  Komunitas Difabel di Cilegon Butuh Perda Pelindungan Disabilitas

Akan temuan tersebut, Inspektorat merekomendasikan PCM untuk melakukan perbaikan dengan memenuhi beberapa izin koperasi yang dinilai belum lengkap.

“Koperasi memang bisa melakukan pengadaan barang dan jasa. Tapi harus sesuai ketentuan. Izin-izinnya ditempuh dahulu, karena harus ada izin khusus,” ungkapnya.

“Makanya rekomendasi kita kemarin itu, meminta perbaikan sesuai ketentuan yang ada. Izin-izinnya yang belum lengkap, harus dilengkapi koperasi PCM,” sambungnya.

Ia menyatakan, Inspektorat sebelum melakukan audit akan memonitoring kembali PCM.

“Kita mau pantau lagi ini. Apakah diperbaiki atau belum. Jangan sampai rekomendasi kita tidak dilaksanakan,” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kerja sama dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (Dinkop UMK) membina Koperasi Pegawai PCM, agar semua perizinan dilengkapi.

Baca juga  Tembok Penahan Tanah di Cupas Kulon Grogol Ambrol

“Memang perlu ada pembinaan dari Dinas Koperasi. Jadi harus ada pembinaan khusus,” pungkasnya. (Ronald/Red)